Tips dan Trik

Tips Memberikan Nama Bayi Laki-Laki dan Perempuan Secara Islami

Nama adalah doa, begitu sebagian masyarakat meyakini bahkan Nabi Muhammad SAW memberikan anjuran dan nasehat agar para orang tua memberikan nama bayi dengan nama yang bagus dengan arti yang baik. Seperti dalam hadis riwayat Imam Abi Daud dan Abi Dardara yang bunyinya:

“Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kimat dengan nama-namamu dan nama-nama ayahmu. Maka baguskanlah nama-namamu”.

Manfaat Memberikan Nama yang Baik

Ada banyak manfaat jika Anda memberikan nama yang baik untuk buah hati, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Salah satu bentuk mengamalkan anjuran dari nabi besar Rasulullah SAW.
  • Nama yang baik lebih enak didengar dan diucapkan.
  • Ada anggapan bahwa nama adalah doa karena secara tidak langsung orang akan menyebutkan nama artinya sama halnya dengan mendoakannya. Misalnya : nama sholeh maka setiap orang yang memanggilnya seperti sedang mendoakannya.
  • Nama adalah identitas seseorang, bahkan nama tercantum di dokumen dan kartu identitas. Nama menjadi identitas seorang individu dan menjadi panggilan saat anak sudah bergaul dengan lingkungannya bahka di akherat nama akan disebutkan.

Ada banyak nama atau kata-kata yang dirangkai menjadi nama bayi yang bisa Anda pilih, namun tidak semuanya berbau islami. Pertanyaannya bagaimana cara memberi nama bayi yang islami? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Berikan nama depan dan belakang (rangkaian nama) yang merujuk kepada kebaikan, baik menyangkut sifat, karakter, keunggulan atau kebesaran Allah SWT.
  2. Memberikan nama Nabi dan Rosul serta keluarga dan sahabatnya dengan harapan kelak buah hati memiliki akhlak mulia seperti namanya.
  3. Jangan gunakan nama yang berbau musrik atau menghamba kepada kekuatan lain selain Allah, seperti: Abdul Qomar yang artinya hamba bulan, Abdul Nur yang artinya hamba cahaya dan nama lainnya.
  4. Hindari juga memberikan nama berhala yang disembah pada zaman jahiliyah.
  5. Hindari nama yang superior karena gelar-gelar superior hanya dimiliki oleh-Nya. Misalnya: As-Hakim, Al-Rahim, Al-Azis dsb. Anda bisa memberikan nama buah hati tanpa pemberian alif atau lam. Contohnya: Azis, Rahim, Hakim dan lain-lain.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Baby Blues Lebih Lengkap

Memberikan nama untuk anak susah susah mudah. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu arti atau makna nama yang dipilih sebelum memutuskan. Jangan sampai artinya mengandung makna yang jelek, kurang baik atau kurang jelas.

Sebaiknya Anda menyiapkan nama bayi sebelum bayi lahir dengan nama-nama yang islami. Alasan pemberian nama islami diharapkan dapat memberikan arti bagi kehidupan anak di masa depannya kelak. Demikian pembahasan mengenai tips memberi nama untuk anak laki-laki maupun perempuan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda khususnya yang sedang mencari nama untuk buah hati. Selamat mencari!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *