Perawatan Bayi

Tips Memberikan Obat Bayi dengan Mudah

Tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya bayi pasti rentan terserang penyakit seperti batu ataupun flu. Tentunya ketika terserang penyakit seperti itu, Anda harus memberikan obat bayi kepada buah hati. Namun untuk pemberian obat yang sebaiknya diberikan kepada si kecil harus dikonsultasikan lebih dulu dengan petugas medis agar Anda tidak salah dalam memberikan obat. Sebenarnya, masalah berikutnya merupakan masalah yang paling sulit. Setelah tahu obat apa yang sebaiknya diberikan kepada si kecil, maka berikutnya Anda harus memberikan obat tersebut pada si kecil. Seperti yang diketahui, memberikan obat kepada si kecil memerlukan tenaga ekstra. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk memberikan obat ke bayi dengan tepat. Berikut ini tipsnya untuk Anda.

Tips Memberikan Obat Bayi dengan Mudah
Tips Memberikan Obat Bayi dengan Mudah

Tips memberikan obat pada bayi

Bagi para ibu, tantangan terberat dalam memberikan obat kepada bayinya adalah kebiasaan bayi yang akan selalu menolak ketika hendak diminumkan obat secara oral atau langsung ke mulutnya. Biasanya untuk mengatasi hal-hal tersebut, sebagai seorang ibu beberapa hal ini harus diperhatikan pada saat memberikan obat kepada bayi:

  1. Menggunakan piper, sendok hingga spuit untuk membantu memberikan obat kepada si kecil. Namun agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan spuit atau pipet, sebab bayi biasanya masih sulit untuk minum dari sendok.
  2. Si kecil tidak sedang dalam kondisi tertidur
  3. Ada jenis-jenis obat yang bisa dicampur dengan susu atau jus, tetapi ada juga yang tidak bisa. Anda isa berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.
  4. Obat antibiotik sebaiknya tidak dicampur dengan susu.
  5. Serbuk diare juga jangan dicampur dengan susu karena serbuk tersebut akan mengalami pengentalan ketika diaduk.
  6. Posisikan bayi Anda menghadap ke atas atau telentang, kemudian masukkan obat tersebut secara perlahan dengan menggunakan pipet atau spuit.
  7. Tidak harus sekali memberikan obat itu selesai. Anda bisa memberikannya bertahap.
  8. Apabila dalam waktu kurang dari 30 menit si kecil memuntahkan obat bayi yang diberikan, Anda harus kembali memberikan obat tersebut.

Langkah-langkah memberikan obat pada si kecil

Sebaiknya Anda memberikan obat bayi berupa sirup kepada bayi berusia 0-1 tahun. Adapun cara-cara memberikan obat kepada bayi yang masih berusia 0-1 tahun adalah:

  1. Bayi dibuat dalam posisi duduk
  2. Memegang erat satu tangannya dan tangan lainnya letakkan di pinggan Anda.
  3. Berikan rangsangan pada pipi bayi secara lembut atau perlahan agar dia mau membuka mulutnya
  4. Masukan obat ke syringe dengan menggunakan spuit yang telah dilepas jarumnya
  5. Spuit didorong perlahan ke dalam mulut bayi atau di sebelah lidahnya agar tidak begitu terasa. Tidak dianjurkan untuk langsung memasukkan obat ke belakang tenggorokan bayi karena akan membuatnya tersedak.
  6. Ketika bayi Anda sudah menelan obat tersebut, langsung berikan minum agar obat tersebut bisa ditelan seluruhnya.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *