Tips dan Trik

Tips Memberikan Sepatu Bayi yang Tepat untuk Buah Hati Anda

Tiap keluarga pati akan begitu bahagia saat mendapatkan momongan. Orang tua juga begitu bersemangat dengan membeli berbagai kebutuhan bayi seperti sepatu. Tidak jarang, berbagai macam sepatu sengaja dibeli agar mudah dipadukan dengan baju. Harus diketahui jika sepatu bayi ini bukan hanya untuk menyempurnakan tampilan buah hati. Namun sepatu ini digunakan untuk melindungi kaki buah hati Anda dari debu, panas atau dingin dan berbagai macam hal yang membahayakannya. Selain itu sepatu akan membantu proses latihan berjalannya seiring dengan pertumbuhan.

Ada beberapa alasan mengapa sepatu ini sangat penting, antara lain:

  • Melindungi kakinya dari benda tajam. Salah satu fungsi dari sepatu memang melindungi kaki si kecil dari benda tajam yang berada di halaman rumah atau lantai ketika sedang belajar berjalan. Bila bayi menggunakan sepatu, kakinya bisa bersih dan terlindung tanpa kena kotoran,
  • Menyangga beban tubuh. sepatu digunakan untuk menopang tubuhnya dengan baik ketika sedang belajar berjalan. Oleh sebab itu orang tua harus memilih sepatu dengan ukuran yang pas serta terasa nyaman saat digunakan,
  • Membantu proses tumbuh kembang kakinya. Tulang kaki pada bayi belum bisa terbentuk secara sempurna hingga ia berada di usia 6 tahun. Oleh sebab itu ketika memilih sepatu harus pas dengan ukuran kaki, tidak sempit dan tidak longgar. Sepatu yang tidak longgar terasa kurang bagus untuk dirinya. Karena akan mengurangi kenyamanan ketika berjalan.

Ada beberapa tips saat memberikan sepatu bayi yang dapat Anda lakukan. Pertama, ganti sepatu buah hati 2 hingga 3 bulan sekali. Sepatu akan terasa sempit ketika digunakan sekitar 2 hingga 3 bulan sekali. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan kaki bayi begitu cepat. Ketika sepatu mulai sempit. Lebih baik Anda langsung mengganti sepatu lama dengan sepatu baru sehingga tidak menganggu perkembangan kakinya.

Kedua, pilih ujung sepatu yang membulat serta tidak runcing. Bukan hanya pijakan yang nyaman, namun Anda harus memilih sepatu yang memiliki bagian ujung membulat serta tidak runcing. Kaki buah hati sangat lekas tumbuh sehingga ujung sepatu membulat bisa memberi ruang yang cukup untuk proses pertumbuhan kakinya. Ujung sepatu runcing ini biasanya membatasi pertumbuhan kakinya. Hal ini harus diperhatikan apalagi buah hati masih berusia 1 tahun.

Terakhir, pilih sepatu dari bahan yang berkualitas. Sebisa mungkin pilih sepatu bayi yang dibuat dari bahan yang berkualitas sehingga tidak lekas rusak ketika bayi mulai belajar berjalan. Terdapat 3 jenis bahan sepatu yang baik untuk kakinya yakni rajut, kulit dan kanvas. Tiga bahan ini tidak membuat kakinya menjadi lembab. Selain itu pilih sepatu yang memiliki sol karet sehingga tidak licin serta tidak mudah terpeleset ketika digunakan untuk berjalan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *