Tips dan Trik

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Benar

Mencuci botol bayi merupakan hal yang biasa dilakukan setiap hari oleh para orang tua terutama mereka par ibu. Kegiatan ini bahkan selalu menjadi rutinitas bagi mereka yang memang memiliki bayi didalam rumah mereka, sehingga kegiatan ini terkadang tidak dilakukan dengan bersungguh-sungguh dan terkesan asal-asalan. Tahukah Anda bahwa mencuci botol bayi dengan sembarang akan dapat mengakibatkan berbagai kuman penyakit bersarang didalamnya, sehingga nantinya efek yang tidak menyehatkan pun dapat menyerang bayi Anda. Bagi Anda para orang tua yang memang memiliki bayi berikut ini cara mencuci botol susu bayi yang tepat dan dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mencuci botol tersebut.

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Benar 

Untuk menjaga kebersihan dan tingkat kesterilan pada botol bayi, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk segera mencuci dan membersihkan botol ketika telah selesai digunakan. Jangan menumpuk botol yang telah digunakan pada tempat cucian piring, karena hal tersebut akan memungkinkan berbagai kuman menempel pada botol tersebut. Segera buang sisa susu dalam botol dan guyurlah menggunakan air mengalir terlebih dahulu, ketika botol selesai digunakan jika Anda ingin mencucinya secara lebih detail lagi, setelah bayi Anda tertidur.

Berikut ini beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan ketika membersihkan botol susu bayi setelah digunakan, yang antara lain adalah:

  • Ketika Anda melakukan pencucian botol secara lebih detail, gunakanlah air panas untuk melakukan pencucian, dimana air panas inilah yang akan memiliki fungsi pensterilan pada botol susu tersebut.
  • Gunakan peralatan khusus seperti sikat botol dan sikat dot, untuk membersihkan bagian detail pada botol tersebut, namun pastikan bahwa alat yang Anda gunakan tersebut dalam keadaan bersih dan steril dan hanya Anda gunakan untuk membersihkan botol bayi Anda.
  • Gunakanlah cairan khusus untuk membersihkan botol bayi, yang aman dan memang tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan bayi nantinya.

 Untuk menambah kesterilan pada proses pencucian botol bayi, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk membersihkan terlebih dahulu bak cuci ataupun tempat Anda akan melakukan pencucian botol tersebut. Pastikan bahwa Anda membersihkan terlebih dahulu tempat Anda akan melakukan pencucian, agar nantinya ketika Anda meletakkan botol tersebut didalam bak cuci, kemungkinan menempelnya kuman akan dapat diminimalisir.

Proses pencucian botol susu bayi yang tepat adalah dengan memisahkan terlebih dahulu setiap bagian dalam botol dan kemudian cucilah masing-masing bagian tersebut dengan detail. Jika didalam botol bayi terdapat label bahwa botol aman untuk dicuci dengan menggunakan mesin pencucian piring, maka Anda pun dapat melakukan pencucian dengan mesin tersebut, tentunya dengan beberapa catatan terutama mengenai kondisi kebersihan dan kesterilan mesin pencuci piring tersebut. Peralatan pencucian yang steril akan mempengaruhi kondisi kebersihan dari botol bayi tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *