Tips dan Trik

Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Tepat

Kegiatan yang merupakan rutinitas untuk dilakukan orang tua kepada bayinya adalah memandikan bayi tersebut secara rutin, dua kali sehari pagi dan sore. Mandi merupakan rutinitas bayi yang paling mendasar. Ketika dimandikan, semua bagian badan bayi akan diusap, sehingga secara langsung kegiatan tersbeut mampu merangsa kinerja otak motorik si bayi, sehingga si bayi dapat berkembang dengan baik, terutama dalam merespon berbagai gejala di sekitar. Memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati, agar si bayi bisa tenang ketika dimandikan, sehingga si bayi tidak memberontak atau menerjang-nerjang yang justru akan membahayakan si bayi dan membikin repot orang tua. Oleh sebab itu, perlengkapan mandi bayi harus dipilih seteliti mungkin demi menunjang kegiatan memandikan si bayi, mulai dari gayung, sabun, sampo, dan yang paling penting adalah bak mandi bayi.

Terdapat banyak sekali jenis bak mandi bayi yang dijual di pasaran. Namun sayangnya, tidak semua bak mandi yang dijual di pasaran cukup aman untuk menampung bayi ketika mandi. Berikut ini akan diulas tentang tips memilih bak mandi yang tepat untuk bayi.

Memilih Bak Mandi yang Tidak Lancip

Banyak sekali jenis bak mandi khusus bayi yang didesain model persegi panjang, yang bagian ujung-ujungnya dibuat lancip atau menyiku. Bak mandi yang modelnya seperti ini tidak aman bagi bayi, sebab badan si bayi akan rentan terbentur ke bagian yang lancip tersebut, sehingga kulit si bayi yang masih tipis dan sensitif bisa lecet dan bahkan luka. Sebaiknya, pilihlah bak mandi yang tidak lancip, desainnya oval, dan bagian pinggirannya didesain dengan model semi melingkar.

Tidak hanya lancip di bagian bentuk luaran atau tepiannya, tidak sedikit pula yang bagian dalam bayi difasilitasi dengan dudukan yang lancip, yang berfungsi agar bayi tidak mudah merosot dan bisa duduk tegak ketika dimandikan. Padahal, dudukan di dalam bak mandi yang bentuknya lancip, bahkan yang bentuknya halus namun menonjol sekalipun, juga tidak aman bagi bayi. Carilah bak mandi yang datar sebab akan lebih aman bagi bayi.

Pilih Bak Mandi yang Kuat dan Anti Pecah

Biasanya, bayi akan dimandikan dengan menggunakan air hangat. Terkena air hangar secara terus menerus biasanya akan menggerus bahan bak mandi, sehingga bak mandi akan lebih cepat tipis dan bahkan mudah pecah. Bak mandi yang mudah pecah tentu tidak aman bagi bayi, apalagi jika pecahnya ketika sedang digunakan.

Bayi dikenal sangat aktif ketika dimandikan. Jangan sampai terjangan-terjangan dan gerakan bayi akan membuat bak tersebut pecah dan rusak. Oleh sebab itu, pilihlah bak mandi yang kuat dan anti pecah.

Pertimbangan lain ketika memilih bak mandi bayi adalah ukurannya. Pilihlah bak mandi yang mampu menampung tubuh bayi, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar, sebab bak mandi yang terlalu lebar justru akan menyulitkan orang tua ketika akan memandikan bayinya, sebab jangkauan tangan orang tua sangat terbatas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *