Perlengkapan Bayi

Tips Memilih Kasur Bayi dan Sprei yang Nyaman bagi Si Kecil

Kasur bayi merupakan salah satu perlengkapan utama yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua. Tingkat penggunaan peralatan bayi yang satu ini begitu tinggi karena dipergunakan setiap hari dan setiap saat ketika bayi sudah mulai tertidur. Kasur juga sering digunakan bayi untuk melakukan beragam bentuk aktivitas lain seperti mandi, mengganti pakaian hingga makan juga dilakukan di atas kasur. Karena dipergunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas, memilih kasur yang baik harus Anda lakukan. Apalagi ditambah dengan banyaknya toko online terpercaya yang menjual kasur ini, pasti tidak mudah untuk memilihnya.

Sebagai calon ibu muda, sudah pasti tidak boleh sembarangan ketika memilih perlengkapan kamar bagi calon buah hati. Ada hal yang cukup banyak, yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pemilihan kasur ini, khususnya mengenai bahan kasur dan sprei, bahan dari kasur dan sprei bisa mempengaruhi kenyamanan serta kesehatan kulit buah hati.

Berikut beberapa tips untuk memilih kasur bayi beserta spreinya, antara lain:

  • Selektif dalam melakukan pemilihan kain kasur. Sebelum membeli kasur sprei, usahakan memilih sprei dengan bahan kain yang membuat bayi merasa nyaman. Jangan memilih kain yang kasar serta jahitan yang renggang karena memiliki potensi menyebabkan iritasi pada kulitnya. Terdapat beberapa jenis kain atau bahan yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai bahan. Bahan ini seperti flannel, kaos dan yang lainnya,
  • Ukuran yang sesuai dengan kasur. Saat memilih sprei bayi, usahakan memilih ukuran yang sama dengan kasur. Tujuan melakukan pemilihan sprei yang satu ukuran dengan kasur adalah agar sprei tidak lekas bergeser dan bayi akan tetap nyaman ketika diatasnya. Anda juga tidak harus merapikan sprei setiap digunakan.

Jika perlu, pergunakan kasur yang anti basah atau waterproof. Sekarang ini sebenarnya sudah muncul banyak produk inovatif yang dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk kenyamanan anak. salah satunya seperti sprei anti basah yang cocok digunakan untuk kamar tidur bayi, sprei ini begitu bermanfaat untuk Anda yang baru memiliki bayi karena kasur tidak akan basah walaupun sering terkena urine hingga feces bayi. sprei berbahan dengan tekstur waterproof ini dibuat dari bahan kombinasi polyester serta kain. Bahan polyester terkenal sebagai bahan yang tidak bisa basah oleh air. Di produk sprei anti air, salah satu sisi terdapat lapisan khusus yang di dukung dengan layer yang mencegah air masuk ke bawah.

Setelah memilih kasur yang tepat, berikutnya adalah cara melakukan perawatan. Penggunaan penyedot debu adalah cara pertama yang mudah dan dapat Anda lakukan kapan saja yang Anda ingini. Dengan menggunakan alat ini, noda yang muncul karena kotoran dan debu bisa Anda hindari secara lebih mudah. Cara lainnya bisa menggunakan semprotan anti noda yang dibuat dari bahan jeruk. Untuk sistem pembersihan ini, pastikan mendiamkan semprotan selama kurang lebih 5 menit di kasur untuk bayi.

Bila bagian kasur yang dimiliki oleh buah hati berada di tempat yang lembab sehingga menimbulkan jamur atau lumut, lebih baik Anda melakukan perawatan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. tetapi sebelum menjemur kasur bayi, pastikan melakukan pembersihan bagian jamur dan lumut dengan menggunakan lap atau membersihkan noda terlebih dahulu. Apabila bayi buang air kecil di kasur, lebih baik Anda menyerap kotoran terlebih dulu, sesudah itu semprotkan bagian pembersih yang mempunyai bahan enzim. Sama seperti bahan jeruk, cuka sering digunakan sebagai bahan pembersih yang bisa Anda andalkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *