Tips dan Trik

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman dan Bermanfaat untuk Buah Hati Anda

Memiliki anak-anak yang ceria dan riang merupakan keinginan setiap orang tua. Karenanya para orang tua berlomba memberikan mainan beraneka ragam untuk putra-putri mereka. Dengan mainan yang beragam diharapkan si kecil dapat tumbuh dengan sehat, ceria serta menstimulasi gerakan motorik dan kemampuan otaknya. Akan tetapi tanpa disadari, banyak pula mainan bayi yang memiliki sisi buruk sehingga perlu diperhatikan pemilihannya. Sisi negatif dari mainan untuk bayi dan anak dapat diperoleh dari bentuk mainan, bahan pembuat hingga cara penggunaannya.

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman dan Bermanfaat untuk Buah Hati Anda 

Bagi Anda para orang tua yang saat ini ingin memilihkan mainan untuk si kecil, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mainan mana yang sebaiknya dipilih agar tidak mengakibatkan gangguan kesehatan ataupun cidera pada anak sekaligus bisa menstimulasi pertumbuhannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih mainan mana yang sebaiknya dibeli.

  • Usia bayi dan anak.

Usia bayi dan anak sangat mempengaruhi jenis mainan yang bisa diberikan. Pastinya Anda tak ingin membelikan mainan anak yang tak dapat digunakan karena anak masih terlalu kecil untuk memainkannya ataupun terlalu dewasa. Untuk mainan bayi sebaiknya memilih mainan yang dapat menimbulkan bunyi dan gerakan untuk merangsang mata dan pendengaran si kecil agar lebih aktif. Untuk mainan yang bisa dipegang, pilihlah bentuk yang aman tanpa memiliki sudut lancip dan terbuat dari bahan yang aman ketika anak tanpa sengaja memasukkannya ke dalam mulut.

  • Jenis mainan.

Untuk mainan anak usia balita yang sedang berada dalam tahap tumbuh kembang dan eksplorasi, berikan mainan yang dapat merangsang kemampuan motorik serta kemampuan berfikir sederhana. Contoh mainan ini adalah puzzle, bola, sepeda roda 3 dan sebagainya. Pada usia ini anak sudah tak terlalu sering memasukkan mainan ke dalam mulut. Namun perlu diperhatikan pada segi kekuatan mainan karena anak akan lebih sering menaikinya atau melempar saat digunakan

  • Mainan edukasi.

Memperkenalkan mainan edukasi juga bisa dilakukan sejak dini tanpa mengandung unsur paksaan agar anak memahami sesuatu lebih cepat. Berikan anak Anda mainan dengan warna-warna beragam sehingga matanya terbiasa dengan perbedaan warna tersebut. Selain itu kenalkan dengan berbagai bentuk bangun baik dalam bentuk gambar maupun benda 3 dimensi yang dapat dipegang.

Yang paling penting ketika memilihkan mainan bayi dan mainan anak-anak adalah mainan tersebut memiliki sisi manfaat selain dari memberikan hiburan dan teman untuk si kecil. Manfaat tersebut bisa menjadi maksimal jika ada pendampingan baik untuk mengawasi keamanannya ataupun untuk memberikan pengarahan mengenai cara bermain dengan mainan tersebut. Keakraban orang tua dan anak saat bermain bersama akan memberikan stimulasi yang sangat baik untuk membentuk karakter serta pola pikir yang sehat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *