Perlengkapan Anak

Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman dan Ramah Lingkungan  

Bayi yang riang gembira merupakan keinginan setiap orang tua. Salah satu caranya adalah memberi mereka mainan yang bisa memancing kegiatan fisik serta senyum dan tawa si kecil. Ada banyak jenis mainan untuk anak dan bayi yang dijual di pasaran. Dari mulai bentuk boneka kain, busa, hingga robot dan mainan gerak yang bisa merangsang penglihatan serta pendengaran si kecil. Semua mainan tersebut mungkin ingin Anda koleksi untuk menyenangkan buah hati. Namun ada baiknya Anda sebagai orang tua memilihkan jenis mainan bayi yang aman serta ramah lingkungan agar bayi bisa bermain dengan baik dan tidak membahayakan.

 

Mainan yang aman adalah mainan yang dilihat dari berbagai sisi tidak bisa memberi bahaya pada bayi. Untuk cara yang paling mudah adalah dengan melihat apakah mainan yang akan dibeli sudah memiliki tanda SNI atau standar nasional Indonesia sebagai produk mainan anak ataukah belum. Jika sudah maka Anda bisa meneliti ke point lainnya misalnya:

 

  • Bahan.

Pastikan penggunaan bahan aman untuk bayi karena bayi kerap memasukkan mainannya ke mulut. Hindari mainan plastik dengan sistem pewarnaan buruk karena bisa berbahaya pada bayi jika mudah luntur.

 

  • Bentuk.

Hindari membeli mainan bayi dengan bentuk yang tajam atau memiliki sisi tajam. Tanpa sengaja bayi Anda bisa saja memukul matanya sendiri menggunakan mainan tersebut. Mainan bersisi tajam juga bisa menimbulkan goresan pada kulit bayi secara tidak sengaja.

 

  • Pengait.

Jika memilih mainan yang dikaitkan pada tangkai, maka pilihlah mainan yang menggunakan pengait yang kuat misalnya memilih yang menggunakan tali lebih tebal dan sebagainya untuk memastikan mainan tetap pada tempatnya meski tanpa sengaja bayi menjangkau dan menariknya.

 

Selain memilih mainan yang aman untuk bayi, sebaiknya Anda juga memilih mainan yang aman untuk lingkungan. Caranya adalah dengan memilih mainan yang bisa di daur ulang menggunakan bahan material alamiah. Contoh dari mainan ini adalah mainan kayu untuk kuda-kudaan bayi atau mainan dari kain serta wool. Untuk mainan dari plastik atau karet, pilihlah kode bahan dengan segitiga bertuliskan PP dengan nomor kode 5.

 

Sesuaikan pemilihan mainan bayi dengan usia bayi Anda. Jangan membelikan mainan untuk usia yang lebih besar karena bayi belum bisa menggunakannya dengan optimal. Kesalahan pemilihan justru bisa mengakibatkan bayi merusak mainan tersebut atau membuat mereka sendiri terluka. Lengkapilah koleksi mainan anak yang bisa menstimulasi otak dan gerakan motoriknya sehingga selain memberikan hiburan juga merangsang perkembangan tubuh mereka. Untuk bayi, tak perlu memisahkan mainan sesuai jenis kelamin karena mainan untuk bayi lebih bersifat umum dan bisa digunakan untuk bayi laki-laki maupun perempuan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *