Perawatan Bayi

Tips Memilih Obat Bayi Rentan Usia 0 Hingga 1 Tahun yang Aman

Pada dasarnya penyakit memang dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia, salah satu diantaranya yang paling rentan terjangkit penyakit adalah anak-anak di usia dini atau bayi yang baru lahir, karena pada dasarnya sistem kekebalan tubuh atau imunitasnya lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa, maka berbagai jenis penyakit akan lebih mudah menyerang di usia tersebut. Namun jangan khawatir karena tetap ada obat bayi yang bisa diberikan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

 Tips Memilih Obat Bayi Rentan Usia 0 Hingga 1 Tahun yang Aman

Tips Memilih Obat Bayi Rentan Usia 0 Hingga 1 Tahun yang Aman

Hanya saja patut untuk diperhatikan bahwa tidak semua jenis obat akan berkhasiat ketika diberikan kepada si kecil, bahkan tak jarang diantaranya yang justru menyebabkan efek samping berbahaya. Untuk itulah maka para orang tua juga tak boleh asal dalam menjatuhkan pilihan. Agaknya berikut ini ada beberapa tips dalam membeli obat bayi untuk si kecil, diantaranya adalah:

  1. Belilah obat yang dianjurkan oleh dokter, jangan asal membeli produk obat yang banyak dijual di pasaran, karena beberapa diantaranya bisa jadi menyebabkan reaksi alergi atau sejenisnya. Akan lebih aman memang membawa si kecil ke dokter anak terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan. Nantinya mereka juga akan lebih tau produk obat seperti apa yang cocok untuk dikonsumsi bayi dan diresepkan, tebuslah apa yang sudah diresepkan oleh dokter tersebut.
  2. Jika masalah kesehatan berada di luar seperti penyakit kulit atau sejenisnya lebih dianjurkan menggunakan pengobatan luar, bukan jenis obat oral, karena takutnya akan memberikan efek samping pada si kecil, jadi jauh lebih aman untuk menggunakan pengobatan layaknya salep atau krim yang banyak dijual di pasaran.
  3. Lihat terlebih dahulu label kemasan obat tersebut, sebelum membeli misalnya untuk obat demam atau flu dan batuk, maka baca terlebih dahulu label kemasan dan anjuran pakainya, ini sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya adalah obat tersebut mengandung salah satu senyawa yang tidak cocok atau menjadi pemicu alergi pada si kecil maka bisa diwaspadai. Juga untuk meminimalisir kesalahan pemakaiannya.
  4. Belilah obat yang dibuat oleh perusahaan yang jelas, tak kalah penting juga adalah memilah-milih produk obat yang diracik oleh sebuah perusahaan yang jelas, karena hal ini akan mempengaruhi keamanan pemakaiannya, jika memang ada yang jauh lebih aman seperti produk obat herbal yang bisa dibuat sendiri untuk penyakit-penyakit ringan maka bisa mencoba seri ini.

Sangat mudah bukan, obat bayi ini bukan barang yang bisa dibeli dengan sembarangan, karena sangat mempengaruhi kondisi buah hati yang mengkonsumsinya, penting juga memberikan takaran atau dosis yang tepat, karena sangat berpengaruh terhadap keamanan ketika mengkonsumsinya. Jangan asal berikan kepada mereka tanpa aturan pakai yang jelas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *