Tips dan Trik

Tips Memilih Tempat Tidur dan Bantal Bayi untuk Bayi Baru Lahir

Memiliki bayi baru lahir pastinya membuat orang tua berbahagia sekaligus berbangga hati. Namun dibalik itu ada juga kewajiban dan tugas yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan perawatan si bayi. Salah satu kewajiban orang tua adalah menyediakan semua perlengkapan si bayi yang sesuai dengan kebutuhannya. Satu perlengkapan yang umumnya langsung dibelikan untuk keperluan istirahat bayi adalah tempat tidur yang lengkap dengan bantal bayi serta selimutnya. Meski terlihat sepele namun pemilihan bantal, selimut dan perlengkapan bayi haruslah sesuai dengan keadaan bayi Anda dan juga pemilihan tempat tidur bayi.

Bagi Anda para orang tua yang sudah mempersiapkan kamar tidur tersendiri bagi bayi lengkap dengan tempat tidur bayi dari box yang memiliki kelambu untuk mencegah adanya nyamuk, maka perlengkapan tidur lain yang diperlukan adalah sebuah bantal, guling kecil dan selimut untuk menghangatkan. Namun jika Anda berencana menempatkan sang bayi untuk tidur bersama Anda maka keperluannya bisa lebih sedikit yaitu dengan menggunakan kelambu portable, perlak dan sebuah bantal kecil.

Bantal bayi sendiri sebaiknya memang dipilihkan dari bantal yang didesain khusus untuk bayi. Jangan gunakan bantal manusia dewasa karena umumnya memiliki permukaan yang terlalu tinggi sehingga bisa membuat bayi merasa tidak nyaman ketika tidur. Pilihlah bantal yang memiliki ketinggian pas dengan postur tubuh bayi Anda. Pada bantalan kepala, pilih yang memiliki lekuk tertentu untuk mencegah bayi tidur menyamping. Untuk lapisan luar bantal, pilihlah kain yang lembut, halus serta tidak menaikkan panas lingkungan.

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih bantal beserta perlengkapan tidur bayi yang lain:

Baca Juga: Kriteria Bantal Bayi yang Baik yang Bisa Dipilih

  • Pilihlah seprei atau alas tidur yang menggunakan kain halus dan menyerap keringat.
  • Gunakan perlak untuk alas tidur bayi yang empuk namun tetap tambahkan kain untuk menyerap air seni bayi yang keluar saat bayi buang air.
  • Pilih bantal dan guling kecil jika diperlukan yang menggunakan bulu atau bahan anti iritasi lainnya. Jangan pilih yang menggunakan busa karena biasanya memiliki sifat panas.
  • Jemur perlengkapan tidur bayi sesering mungkin di bawah sinar matahari pagi kemudian diamkan hingga suhunya normal untuk kembali digunakan.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan bagi Anda yang baru saja memiliki bayi atau sedang menunggu kelahiran sang bayi. Dengan menggunakan perlengkapan tidur yang nyaman terutama bantal bayimereka akan bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang. Fase istirahat atau tidur bayi sangatlah penting untuk melakukan metabolisme dan regenerasi sel sehingga ketenangan dan kenyamanan sangatlah diperlukan. Jagalah bayi dari gigitan serangga ketika tidur dengan memberikan kelambu atau lotion anti nyamuk khusus untuk bayi. Biasakan bayi tidur dengan lampu redup sehingga memudahkannya untuk terlelap.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *