Tips dan Trik

Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi Kembar Bagi Orang Tua

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kehamilan bayi kembar ialah perubahan hormon yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan ini bisa memungkinkan seorang perempuan melepaskan dua sel telur yang siap untuk dibuahi. Rentang usia perempuan yang mempunyai kemungkinan besar mengandung bayi yang kembar ialah 30 hingga 40 tahun.

Tips Mempersiapkan Kelahiran Bayi Kembar Bagi Orang Tua

Bukan hanya itu, satu dari 400 wanita hamil juga memiliki kemungkinan mengandung anak kembar identik. Kondisi tersebut tidak dipengaruhi dengan faktor riwayat keluarga, sehingga tiap perempuan mempunyai peluang sama untuk mengalami hal tersebut.

Latar Belakang Munculnya Hamil Kembar

Latar belakang munculnya hamil kembar juga bisa dijelaskan dari jenisnya. Untuk kembar tidak identik, hal ini terjadi ketika dua sel telur berbeda dibuahi dengan dua sperma berbeda. Secara fisik penampilan mereka tak begitu mirip seperti kakak adik pada umumnya. Penyebab terjadinya kembar identik adalah, dua sel telur yang dibuahi dengan sperma.

Sedangkan untuk kembar identik, hal ini terjadi saat satu sel telur yang sudah dibuahi terbelah serta berkembang menjadi 2 janin. Oleh karena itu, keduanya akan memiliki penampilan dan jenis kelamin yang sama.

Siapa yang Bisa Hamil Bayi Kembar?

Banyak pasangan yang mencari cara untuk memperoleh bayi kembar. Lantas, apa saja yang menjadi faktor pengaruhnya? Beberapa faktor yang membuat wanita berpeluang hamil kembar adalah:

  • Wanita yang menggunakan program bayi tabung untuk memperoleh keturunan.
  • Perempuan yang hamil di usia tak muda lagi, memiliki kemungkinan memiliki bayi kembar lebih besar. Mereka kemungkinan dapat melepaskan dua sel telur secara bersamaan.
  • Ada anggota keluarga yang kembar. Namun untuk kembar identik tak memiliki sifat turunan dalam keluarga. Anda akan lebih berpeluang memiliki anak kembar jika ada anggota keluarga yang terlebih dulu mempunyai anak kembar.

Perbedaan Persalinan Saat Hamil Bayi Kembar

Bayi kembar dapat lahir tepat waktu seperti kehamilan pada umumnya. Tetapi, biasanya dokter akan menyarankan persalinan dengan cara induksi atau operasi caesar di minggu ke 38 atau 39 kehamilan. Semakin banyak jumlah bayi di dalam perut, risiko lahir prematur menjadi semakin besar. Oleh sebab itu, anak kembar mungkin akan diberi suntikan kortikosteroid agar mempercepat perkembangan paru-paru mereka.

Proses persalinan pun lebih mungkin melalui operasi caesar. Kebanyakan kasus, bila bayi berada di bawah, bayi pertama dikeluarkan dengan cara normal, tetapi dibutuhkan operasi caesar untuk mengeluarkan bayi yang kedua. Sedangkan untuk bayi ketiga dan selanjutnya, dilakukan dengan operasi caesar.

Persiapan Merawat Bayi Kembar

Menangani bayi kembar sudah pasti membutuhkan tenaga serta kemampuan ekstra. Ada beberapa hal yang harus diberi perhatian seperti olah tubuh, mempersiapkan mencari bantuan pada keluarga atau menggunakan jasa pengasuh untuk membantu, hingga menimbang budget bulanan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *