Tips dan Trik

Tips Mempersiapkan Nama Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Menyambut kelahiran buah hati harus dibarengi dengan mempersiapkan kebutuhannya termasuk nama bayi. Ada anggapan bahwa nama adalah doa, maka tidak heran saat memilih nama untuk anaknya semua orang tua akan mencari nama dengan arti yang baik dengan harapan kelak sang buah hati memiliki sifat baik seperti namanya.

Memberikan nama untuk anak laki-laki maupun perempuan bisa dikatakan susah-suah mudah. Sekarang banyak nama unik yang menjadi kontroversi karena nyeleneh bahkan ada nama berupa satu tanda baca atau susah untuk dieja.

Hal tersebut sah-sah saja namun sebaiknya Anda memikirkan dengan matang nama buah hati karena nama akan disandang selama hidupnya jangan sampai nama menjadi beban anak saat ia mulai bersosialisasi dengan lingkungan sosial. Berikut adalah tips mempersiapkan nama bayi laki-laki maupun perempuan yang bisa Anda coba aplikasikan:

Unik dan Original

Sebagian orang tua menginginkan nama anaknya dengan nama yang unik dan origina, mudah diingat dan memberikan kesan saat disebutkan. Meskipun demikian ada juga orang tua yang memberikan nama sesuai dengan budaya dan keyakinannya atau nama sesuai keluarga yang diturun temurunkan.

Baca Juga:3 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Benar-benar Harus Diperhatikan Pemilihannya

Cari Nama Depan Terlebih Dahulu

Untuk memudahkan memberi nama, Anda bisa mencari nama depan terlebih dahulu lalu diikuti nama belakang. Anda harus pikirkan pula apakah namanya mengandung 2 atau 3 kata. Pertimbangkan kata-kata yang digunakan jangan sampai namanya susah untuk disebutkan.

Mengambil Nama Tokoh Favorit

Ada sebagian orang tua yang memilih nama buah hati dengan mengambil nama tokoh yang diidolakan. Jika Anda memilih nama untuk anak seperti nama artis atau selebritis sebaiknya lihat prestasi dan sifatnya. Jangan lupa untuk mencari arti nama yang dipilih jangan sampai hanya berdasarkan suka secara pribadi saja.

Mencari Berbagai Macam Sumber

Ada banyak sumber mencari nama untuk anak laki-laki dan perempuan. Anda bisa mencari di kamus bahasa, internet bahkan dari buku atau majalah. Jangan lupa mencatat jika ada nama yang membuat Anda tertarik, setelah selesai coba urutkan nama-nama tersebut. Jangan lupa mencari arti nama-nama tersebut.

Pastikan Ejaannya Benar

Memilih nama untuk buah hati memang tidak bisa asal sebut saja, pastikan Anda mengetahui arti nama sebelum memutuskan. Pastkan ejaan nama benar, hindari pemberian nama yang terlalu panjang. Mengapa demikian? Karena nama suatu saat berhubungan dengan administrasi, misalnya saat bayi sudah lahir orang tua harus membuat akta kelahiran dan syaratnya harus sudah ada nama yang tercantum.

Demikian pembahasan mengenai tips memberi nama bayi laki-laki maupun perempuan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan membantu khususnya Anda yang sedang mencari nama untuk buah hati,  semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *