Tips dan Trik

Tips Mendidik Anak Agar Terdorong Untuk Lebih Giat Belajar

Bagaimana cara mendidik anak agar rajin belajar dan dijauhkan dari sifat malas? Yang perlu orang tua ketahui adalah setiap karakter anak berbeda-beda. Ada beberapa anak yang tidak sulit diarahkan agar rajin belajar, namun ada sebagian anak yang susah diarahkan.

Bagi orang tua kekhawatiran anak yang malas belajar akan mempengaruhi nilai pelajaran di sekolah. Namun memaksakan kehendak bukan solusi yang tepat karena anak akan merasa tertekan. Terlebih lagi memaksakan kehendak membuat anak belajar hanya berdasarkan ketakutan, sedangkan belajar harus menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga apa yang dibaca, dipelajari dengan mudah dipahami anak.

Solusi yang paling tepat mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan dorongan kepada anak agar mereka memiliki kemauan untuk belajar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Cari Tahu Akar Masalah Anak Malas Belajar

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua mendidik anak rajin belajar adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab anak malas belajar. Ada banyak faktor yang menyebabkan anak malas belajar, bisa karena dia tidak menyukai pelajarannya, lingkungan di kelas/ sekolah atau susasana di rumah yang membuatnya tidak nyaman atau bisa juga karena terlalu asik bermain dan banyak faktor lainnya yang menyebabkan anak jadi malas belajar. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa dengan mudah mendorong anak agar lebih rajin belajar.

  • Memberikan Nasehat yang Menyenangkan

Memberikan nasehat ke anak tentu saja berbeda dengan memberikan nasehat ke orang dewasa. Salah satu cara memberikan nasehat yang menyenangkan adalah dengan memberikan cerita menarik yang bisa membuat antusias anak.

Baca Juga: Awal Pemberian Makanan Bayi Awali Dengan Buah-Buahan

  • Menghubungkan Pelajaran dengan Kehidupan Nyata

Mata pelajaran yang diajarkan di sekolah seringkali memiliki hubungan dengan dunia nyata. Misalnya pelajaran lingkungan hidup atau biologi, Anda bisa menghubungkan dengan di kehidupan di lingkungan tempat tinggal. Atau pelajaran matematika, Anda bisa menceritakan pentingnya mempelajari matematika untuk kehidupan nyata atau bisa menceritakan tokoh-tokoh ahli matematika yang memberikan kontribusi pada kemajuan dan peradaban di dunia.

  • Diskusi yang Interaktif

Belajar bisa menjadi kegiatan yang membosankan untuk anak, coba Anda temani anak saat belajar dan lakukan pendekatan interaktif bisa dengan cara diskusi. Dengan demikian anak merasa adanya keterlibatan yang dekat dengan topik pelajaran yang dibahas.

Dengan adanya diskusi yang interaktif diharapkan anak berani untuk bereksplorasi terhadap fakta pembelajaran dan mencari sudut pandang baru yang belum ia pikirkan. Selain itu diskusi bisa membantu menumbuhkan minat mereka untuk menyukai topik pelajaran yang dibahas.

Selain poin-poin tersebut, cara mendidik anak agar lebih rajin belajar adalah menunjukkan hasil yang berguna dan positif dari kegiatan belajar. Dengan demikian anak merasa terdorong untuk belajar tanpa adanya paksaan. Sehingga kegiatan belajar timbul atas dasar keinginannya sendiri tanpa paksaan dan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *