Tips dan Trik

Tips Mengatasi Bayi Rewel dengan Mengenali Tangisannya

Bayi yang baru saja lahir memang lucu, siapa yang tidak gemas melihat tingkah polah bayi, bahkan bayi yang sedang tidur juga terlihat begitu menggemaskan. Biasanya bayi yang baru lahir dan berusia beberapa bulan ini sering sekali menangis atau rewel. Menangis memang dapat diisyaratkan jika ia sedang mengalami masalah, kadang kita sebagai seorang orang tua juga sering bingung, apa saja yang harus kita lakukan, biasanya tips mengatasi bayi rewel yang paling sering ditemui ialah pemberian susu bayi. Padahal tahukah Anda jika disetiap tangisan bayi memiliki arti yang berbeda?

Baca Juga : Tips mpasi yang benar

Walaupun mungkin terlihat sulit menebak arti dari tangisan, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai jawaban arti dari tangisan bayi. Pertama, arti tangisan lapar. Biasanya perkiraan kita sebagai ibu saat melihat bayi menangis ialah ia sedang lapar. Bayi yang menangis dikarenakan lapar sebetulnya mudah untuk di tebak. Ada cara tersendiri untuk mengetahui apakah arti tangisan bayi ini lapar atau tidak. Bila bayi masih memperoleh ASI eksklusif, Anda harus mengingat kapan Anda memberikan ASI. Jika Anda memberikan ASI sudah 1 atau 2 jam sebelumnya, kemungkinan besar si kecil lapar. Tanda yang lainnya ialah ia memegang mulut serta memasukkan jarinya ke mulut.

Tips mengatasi bayi rewel yang kedua ialah, saat ia kaget. Sering bayi kaget dikarenakan suara yang keras dari orang dewasa saat mengajaknya bermain. Bila Anda terlalu bersemangat untuk mengajaknya bermain dan akhirnya ia terkejut, bayi dapat menangis dengan keras seperti orang yang sedang kaget. Untuk menenangkan bayi yang kaget, Anda dapat memberikan pelukan atau pun menggendong serta mengusapnya dengan hangat agar ia kembali tenang dan segera berhenti menangis.

Ketiga, saat badannya mengalami sakit. Semua bayi akan menangis saat mereka sakit. Akan tetapi tangisan saat mereka kesakitan dapat terlihat berbeda dikarenakan tangisan yang mereka keluarkan akan sangat melengking dan bahkan keras berbeda seperti biasanya. Tangisan ini lama kelamaan akan seperti jeritan. Bila bayi Anda menangis seperti ciri di atas, Anda dapat memeriksa bagian tubuhnya contohnya seperti bagian tangan, kepala, kaki, perut dan berbagai bagian lain. Bila saat bagian tertentu ini Anda periksa dan ternyata tangis dari si kecil malah semakin kencang, besar kemungkinan bila ada sesuatu yang kurang beres di bagian tubuh yang ia miliki.

Keempat, bayi mengantuk dan kepanasan. Bila bayi sudah terlalu lelah, ia bisa sulit tidur walaupun telah mengantuk. Inilah yang menyebabkan si kecil menjadi frustasi dan kemudian menangis. Lantas, bagaimana cara untuk menenangkannya? Tidak ada cara yang lainnya selain menidurkannya dengan cara ditimang-timang secara halus dan lembut sehingga ia akan merasa tenang dan mengantuk, akhirnya tertidur dengan pulas. Apabila ia merasa kepanasan, ia juga akan rewel. Karena bayi terbiasa dengan suhu di kandungan, ketika mereka kepanasan mereka akan menangis. Oleh karena itu usahakan temperatur yang ada di ruangan tidak panas dan tidak dingin.

Baca Juga : Makanan untuk ibu menyusui yang paling bagus

Terakhir, tips mengatasi bayi rewel saat ia lelah. Mungkin Anda heran, mengapa bayi bisa merasakan lelah? Walaupun aktifitas yang dimiliki oleh bayi belum terlalu padat, namun bukan berarti ia tidak dapat merasakan kelelahan. Hal ini terjadi saat bayi menghadiri perayaan kelahirannya. Bila si bayi kelelahan, Anda dapat mengajaknya bercanda dengan lebih banyak atau pun menimang-nimangnya dengan halus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *