Tips dan Trik

Tips Mengatasi dan Membersihkan Kerak Kepala Bayi

Umumnya, saat bayi baru lahir, setelah beberapa saat Anda akan melihat kerak di kepala bayi seperti ketombe. Kerak kepala bayi atau baby cradle cap ini merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Meskipun tidak berbahaya untuk bayi, namun tetap saja hal tersebut perlu ditangani.

Tips Mengatasi dan Membersihkan Kerak Kepala Bayi

Kerak kepala bayi ini biasanya ditandai dengan munculnya lapisan yang menyerupai sisik agak berminyak berwarna kuning, kadang kecokelatan atau kehitaman. Biasanya muncul di area kulit kepala. Kondisi ini juga kadang terjadi di bagian sekitar alis, kelopak mata bayi, ketiak, sekitar telinga atau lipatan tubuh lainnya.

Penyebab

Belum diketahui dengan pasti penyebab dari kemunculan kerak kepala ini. Namun hal tersebut tidak ada kaitannya dengan kurang baiknya tingkat kebersihan atau alergi. Faktor yang paling mungkin adalah karena hormon yang diterima bayi pada akhir masa kehamilan yang bisa merangsang kelenjar penghasil minyak (sebasea). Atau terkadang, iritasi akibat jamur yang tumbuh pada sebum juga bisa menjadi penyebab munculnya kerak di kepala.

Biasanya, kerak kepala bayi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan mespkiun tanpa pengobatan. Bahkan bagi beberapa anak, akan bertahan hingga mencapai usia 2-3 tahun. Meskipun tidak menyebabkan gangguan seperti gatal, sakit dan juga tidak menular, namun jika semakin tebal, kerak tersebut akan sulit dilepaskan.

Mengatasi Kerak Kepala Bayi

Agar kerak kepala tidak menumpuk, Anda bisa lakukan beberapa tips berikut untuk meminimalisir atau mengurangi kerak tersebut pada Si Kecil:

  • Gosok kulit kepala yang ada keraknya secara perlahan menggunakan kain atau jari untuk meluruhkan serpihan kerak
  • Cuci rambut bayi dengan formula yang ringan, atau Anda juga bisa memakai sampo khusus kerak kepala bayi yang biasanya di jual di apotek. Baca cara pemakaian, dan lakukan sesuai instruksi.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda jika tidak kunjung hilang. Biasanya dokter akan memberi rekomendasi untuk menghilangkannya dengan memakai sampo khusus ketombe yang memiliki antijamur yang aman dan sesuai untuk bayi.
  • Saat Anda menggunakan sampo ke kepala Si Kecil, bersihkan kerak kepala yang menempel di rambut memakai sisir atau sikat kecil yang lembut, setelah itu bilas hingga bersih.
  • Alternatif lain, gunakan petroleum jelly yang baik untuk kulit bayi. Atau bisa juga meneteskan minyak mineral di kulit kepala. Diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan dan cuci atau keramasi Si Kecil. Namun, jangan biarkan terlalu lama, sebab bisa memperburuk kerak kepalanya.
  • Jika kerak kepala sudah hilang, selalu jaga kebersihan rambut anak Anda. Keramas secara rutin untuk mencegah penumpukan kerak kembali.

Jika upaya tersebut tidak membuahkan hasil, atau kerak kepala bayi Anda menimbulkan gejala lain seperti bengkak, gatal, memerah atau berdarah, bahkan kerak menyebar hingga wajah dan tubuh lain, segera lakukan pengobatan ke dokter atau tim medis.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *