Tips dan Trik

Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi dengan Cepat dan Mudah

Bayi merupakan makhluk paling sensitif, yang memang harus selalu dijaga dalam hal kesehatan oleh para orang tua, terutama kesehatan kulit mereka. terkadang timbulnya berbagai keluhan dan gangguan pada kesehatan kulit bayi, terutama pada mereka yang selalu diberikan popok sekali pakai, memang dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya rewel pun timbul dalam diri mereka. Popok sekali pakai yang terlalu sering digunakan pada bayi, memang dapat menimbulkan berbagai keluhan penyakit pada kulit bayi, salah satu diantara gangguan kesehatan pada kulit bayi, akibat pemakaian popok yang tidak terkendali adalah ruam popok, dimana keluhan ini dapat timbul akibat kulit yang lembab karena terlalu sering menggunakan popok, terutama popok sekali pakai yang tidak bersahabat bagi kulit bayi.

Selain kulit menjadi merah, gatal-gatal pun dapat timbul jika kulit bayi telah mengalami ruam, tak jarang lecet pun akan melanda pada bayi Anda, sehingga rewel karena merasa perih dan gatal pada kulit pun akan timbul. Untuk mencegah terjadinya ruam pada kulit bayi akibat pemakaian popok yang tidak terkendali, maka akan lebih disarankan bagi para ibu dan orang tua untuk menggunakan popok kain, dimana popok ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui bahwa bayi telah pipis dari basahnya popok kain tersebut, sehingga penggantian popok pun akan segera kita lakukan. Namun jika bayi Anda telah mengalami ruam pada kulit mereka, terutama pada bagian yang tertutupi dengan popok, langkah cepat untuk menyembuhkan ruam pada kulit mereka harus segera Anda lakukan.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi dengan cara yang cepat dan mudah, yang antara lain adalah

  • Bersihkan area sekitar pantat dan bagian tubuh bayi lainnya yang memang terkena efek akibat penggunaan popok yang tidak terkontrol dengan segera setelah bayi pipis ataupun bab.
  • Oleskan cream khusus yang memang diformulasikan khusus untuk membantu mencegah dan mengobati terjadinya ruam pada kulit bayi.
  • Segera lakukan penggantian popok bayi Anda, apabila basah dan bayi buang air.
  • Paparkan bagian pantat bayi sekali dalam sehari, untuk dapat terkena angin dan sinar matahari.

Jika memang ruam telah mengganggu kenyamanan bayi, dan membuatnya selalu rewel, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk dapat mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter anak Anda, dan mintalah resep khusus untuk dapat menghilangkan ruam tersebut dengan mudah dan cepat, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan kesehatan bayi Anda secara lebih luas.

Meskipun ruam popok bukan merupakan penyakit yang dapat membahayakan bagi bayi Anda, namun hal ini akan dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang berujung pada kerewelan dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu selalu kontrollah pemakaian popok pada bayi Anda, agar nantinya ruam pada kulit bayi tidak timbul, karena Anda telah melakukan pencegahan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *