Tips dan Trik

Tips Menghilangkan Perasaan Takut Saat Proses Ibu Melahirkan Sudah Dekat

Melahirkan merupakan suatu proses yang akan dialami oleh wanita yang akan menjadi seorang ibu. Melahirkan tersebut adalah proses untuk mengeluarkan bayi dari dalam perut sehingga bayi dapat melihat dunia. Selain perasaan senang, ketika ibu melahirkan tentunya akan ada perasaan takut yang dirasakan. Sehingga tidak jarang perasaan tersebut akan membuat ibu menjadi gelisah saat masa-masa akan melahirkan. Akan lebih baik, ketika ibu akan melahirkan tidak mempunyai rasa takut sehingga hal tersebut tidak akan menjadi momok yang menakutkan dan juga dapat membuat persalinan lebih lancar. Bagi ibu yang akan melahirkan terutamanya yang baru pertama kali melahirkan, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar menekan rasa takut menjelang proses melahirkan tersebut.

  • Melahirkan merupakan proses yang dialami oleh wanita

Ketika akan melahirkan, seorang wanita biasanya akan mengalami beberapa hal yang berubah terutama dari cara pandangnya. Ketika melahirkan, seorang wanita akan sangat mengerti apa yang dirasakan ibu untuk melahirkannya. Sehingga ia akan menjadi lebih menyayangi ibunya sendiri. Sebagai seorang wanita, melahirkan juga merupakan proses yang normal dan dialami oleh setiap wanita untuk mendapatkan keturunan. Oleh karena itulah tidak terlalu takut akan proses tersebut karena hal tersebut merupakan kodrat wanita.

  • Berusaha untuk melahirkan secara normal

Tips untuk dapat menekan rasa takut sebelum ibu melahirkan adalah dengan berusaha untuk melahirkan secara normal. Terdapat dua cara untuk melahirkan yaitu secara normal dan sesar. Biasanya proses sesar akan memakan waktu lebih cepat akan tetapi untuk proses penyembuhannya lama. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk melahirkan secara normal. Dengan proses melahirkan secara normal rasa sakit selama persalinan dan penyembuhan juga akan lebih cepat. Oleh karena itulah berusalah untuk melahirkan secara normal dengan melakukan senam hamil, mengkonsumsi makanan bergizi, dan juga hal lainnya yang dianjurkan selama proses kehamilan.

  • Meminta bantuan semangat dari orang terdekat

Dan hal lainnya yang bisa dilakukan agar mendapatkan kekuatan dan juga dapat untuk menghilangkan rasa takut menjelang proses kelahiran adalah dengan meminta bantuan semangat dari orang terdekat. Misalnya dari suami dan juga orang tua sehingga nantinya akan lebih siap untuk melahirkan. Bantuan tersebut misalnya dari dukungan dan juga cerita yang membuat seorang calon ibu tidak merasa takut lagi ketika akan melahirkan.

Beberapa hal diatas merupakan saran yang bisa dilakukan sebelum ibu melahirkan untuk menekan rasa takut yang dialaminya. Selain dari kekuatan fisik, ketika akan melahirkan ada baiknya untuk juga sehat secara mental. Sehingga seorang ibu ketika telah melahirkan tidak mengalami masalah mental seperti baby blues. Oleh karena itulah penting untuk mendapatkan dukungan dari keluarga terdekat agar dapat melewati proses tersebut dengan lancar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *