Tips dan Trik

Tips Menjadikan Bayi Cantik untuk Ibu Muda

Mempunyai bayi cantik sudah pasti menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang tua. Sang ibu biasanya tertantang untuk membuatnya selalu terlihat imut dan cantik.  Memang, anak perempuan tak seperti anak laki-laki. Anak perempuan dapat menggunakan berbagai macam aksesoris, selain itu anak perempuan bisa terlihat sangat menggemaskan dengan berbagai warna baju yang cerah. Tetapi, merawat bayi agar tetap cantik bukan hanya berhubungan dengan pakaian dan aksesoris, namun menyangkut semua hal.

Tips Menjadikan Bayi Cantik untuk Ibu Muda

Cara Memandikan Bayi

Sebenarnya, cara memandikan bayi pada umumnya sama seperti:

  • Siapkan seluruh kebutuhan saat bayi sedang terlelap tidur atau masih tenang.
  • Isi air hangat suam-suam kuku di bak mandi secukupnya.
  • Siapkan seluruh perlengkapan bayi mulai dari pakaian ganti, kaus kaki serta berbagai macam produk perawatan sesudah mandi.
  • Mandikan bayi dengan perlahan, angkat tubuh bayi dan segera pakaikan handuk agar tak kedinginan. Keringkan tubuhnya menggunakan handuk dengan cara yang lembut. Gunakan produk sesudah mandi seperti minyak telon, baby oil serta produk lainnya.
  • Sisir lembut rambutnya menggunakan sikat khusus sehingga rambut bisa terlihat indah.

Cara Merawat Kuku Bayi

Bayi cantik bukan hanya di bagian-bagian tertentu saja, namun kuku pun juga harus diperhatikan kebersihannya. Anda harus mulai memperhatikan kuku bayi. Kuku bisa menjadi tempat berkembangnya kotoran. Pastikan kuku dipotong secara teratur sehingga tak ada kotoran yang melekat di tubuhnya. Apalagi, bayi sering memegang berbagai macam benda saat sistem motoriknya berkembang. Kuku bisa menjadi tempat cacing dan kotoran. Bila bayi sudah memiliki kebiasaan menghisap jempol, penyakit dapat masuk ke tubuhnya, dampaknya akan buruk karena bayi bisa terkena diare serta penyakit cacingan.

Merawat Rambut Bayi

Perawatan rambut sangat penting untuk membuat bayi cantik. Perempuan identik dengan rambut yang panjang dan indah. Agar saat dewasa ia bisa memiliki rambut yang lebat, perawatan harus dilakukan dari sekarang. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambutnya seperti:

  • Mencuci rambut secara teratur. Cuci rambut bayi dengan teratur sehingga rambutnya bisa tumbuh dengan baik.
  • Pastikan membersihkan kulit kepalanya agar bagian kulit kepala tumbuh dengan sehat.
  • Gunakan beberapa produk rambut yang dikhususkan untuk bayi seperti pelembab rambut dan shampoo.
  • Hindari menggunakan produk dewasa untuknya karena bisa merusak rambut.
  • Sisir rambutnya menggunakan sisir khusus.
  • Hindari mengikat rambut bayi, atau memperbanyak ikatan-ikatan, biasanya para ibu sering melakukan hal ini agar bayi mereka terlihat lucu. Padahal, cara ini malah merusak rambutnya. Bayi akan kesakitan dan menjadi lebih rewel.

Bayi cantik biasanya juga memiliki kulit yang mulus. Untuk perawatan kulitnya agar tetap mulus, Anda bisa memilih perawatan sesuai dengan masalah kulit yang ia alami. Saat bayi terkena penyakit kulit, segera lakukan perawatan dengan baik, selain itu beri pakaian yang mudah menyerap keringat sehingga terhindar dari infeksi kulit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *