Tips dan Trik

Tips Menjaga Berat Badan Bayi Tetap Ideal

Memiliki bayi yang gemuk memang terlihat menggemaskan apalagi dengan pipi dan wajahnya yang membulat. Orang yang memandang pun akan cenderung lebih menyukai bayi yang gemuk dibandingkan dengan bayi yang lain memiliki berat normal. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa sama seperti manusia dewasa, bayi juga memiliki berat badan ideal yang sebaiknya diterapkan untuk menjaga kesehatannya. Berat badan bayi yang berlebihan meskipun menggemaskan perlu dihindari karena bisa terbawa hingga ia tumbuh dewasa dan menjadi awal yang kurang menyehatkan.

 Tips Menjaga Berat Badan Bayi Tetap Ideal

Bayi baru lahir setidaknya harus memiliki berat badan antara 3.25kg, kemudian seiring dengan pertumbuhannya, saat ia menginjak usia 1 tahun, berat badannya sebaiknya berada dalam kisaran 8,5 kg hingga 9,5 kg. Kemudian saat ia berusia 2 tahun, berat badan tak semestinya berada lebih dari 14,4 kg agar tak berada dalam kategori obesitas. Kegemukan pada bayi sendiri tak membawa manfaat untuk kesehatannya karena bisa menjadi awal yang buruk ketika ia beranjak dewasa. Obesitas dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit seperti diabetes hingga gangguan peredaran darah.

Berat badan bayi berlebih disadari atau tidak sangat tergantung pada pola makan yang diberikan oleh orang tua. Karenanya, orang tua dan pengasuh memegang peranan sangat penting untuk menjaga agar berat badan si kecil tetap berada di kisaran ideal. Tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk membantu bayi agar tumbuh lebih sehat dengan berat badan seimbang:

  • Memberikan ASI.

Asi merupakan makanan terbaik bayi hingga ia berusia 6 bulan. Di dalam asi terdapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan bayi dengan kadar seimbang. Tak seperti susu formula buatan manusia yang umumnya memiliki kalori berlebih sehingga dapat membuat bayi gemuk, ASI memiliki takaran yang pas untuk menyehatkan tubuh bayi dan menambah sistem imun tubuhnya.

  • Kenali tanda si bayi lapar.

Bayi dengan usia 6 bulan ke atas, sudah mulai diperkenalkan pada ragam makanan. Namun bukan berarti Anda selalu bisa memberikan makanan pada bayi padahal ia belum lapar. Kenali tanda bayi lapar dan berikan makanan saat jam makan atau jam makan ringan dan tidak pada setiap saat ketika bayi Anda menangis karena sebab lainnya.

  • Kombinasi makanan.

Sebaiknya hindari makanan padat dengan kandungan kalori berlebihan yang belum dibutuhkan oleh tubuh bayi. Perbanyak sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral dibandingkan sumber kalori.

Dengan mempraktekkan tips menjaga berat badan bayi di atas, diharapkan bayi Anda dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Kesehatan bayi adalah tujuan utama perawatannya sehingga perlu mengesampingkan keinginan lain seperti memiliki bayi gemuk yang nantinya justru berujung pada kurang sehatnya anak-anak di masa tumbuh kembang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *