Tips dan Trik

Tips Menyimpan Asi dengan Baik dan Benar

ASI adalah makanan pokok bagi bayi. Pada saat bayi masih baru lahir sampai bayi berumur 2 bulanan, maka satu-satunya makanan yang bagus untuk bayi adalah ASI. Namun pada usia lebih lanjut, bayi Anda dapat memakan makanan yang lainnya namun dalam bentuk halus. Pada saat ini tentu saja bayi masih sangat butuh ASI. Hal ini yang biasanya membuat para ibu yang bekerja menjadi bingung untuk tetap memberikan ASI kepada bayi mereka. namun seiring dengan perkembangan pengetahuan, pada saat ini ASI dapat di simpan. Namun tentu saja cara menyimpan harus benar. Ada beberapa tips menyimpan ASI yang dapat Anda lakukan. Sehingga dengan ini Anda dapat menyiapkan ASI untuk bayi Anda ketika Anda pergi kerja atau sedangkan keluar.

Karena cara menyimpan ASI tidak boleh sembarangan, maka Anda harus tahu bagaimana cara yang benar dalam menyimpan ASI agar kandungan ASI tetap utuh. Dan cara menyimpan ASI Yang benar adalah:

  • Di simpan di suhu ruangan

Apabila Anda ingin menyimpan ASI pada suhu ruang, maka Anda ASI tersebut dapat bertahan sampai waktu 10 jam. Namun sebaiknya pada saat 8 jam ASI tersebut harus sudah habis karena jika terlalu lama akan tidak baik.

  • Di kulkas (freezer)

Namun apabila Anda memasukkannya ke dalam kulkas, maka ASI tersebut dapat tahan sampai 5 sampai 7 hari. Dengan ini maka Anda dapat membuat persiapan untuk bayi Anda.

Jadi apabila selama ini ada pernyataan bahwa ASI tidak dapat disimpan di dalam suhu ruangan, ini adalah pernyataan yang salah. Namun tentu saja ASI dalam suhu ruang tidak dapat bertahan lebih lama. Tips menyimpan ASI lainnya adalah sebaiknya Anda tidak mengisi penuh botol tersebut. cukup Anda hanya mengisi sampai leher botol ASI saja karena nantinya botol akan mengembang.

Baca Juga : Mengapa musik untuk bayi sangat penting

Selain tips di atas, masih ada beberapa tips atau hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam menyimpan ASI. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga kualitas dan kandungan dalam ASI Anda agar tetap utuh. Beberapa tips tersebut adalah:

  • Menutup dengan rapat botol asi

Anda dapat menutup botol tersebut dengan menggunakan plastik atau karet.

  • Memberi label pada botol asi

Serta sebaiknya Anda memberi label pada masing-masing botol.

Tips menyimpan ASI yang lainnya adalah menutup rapat botol. Ini adalah untuk membuat ASI tersebut tetap steril dan tidak tersentuh oleh bakteri. Apabila Anda menutup rapat botol tersebut maka kandungan ASI akan tetap utuh dan tidak akan terkena udara atau kotoran dari luar. Selain itu sebaiknya Anda memberi tanda pada botol tanggal Anda meletakkan botol tersebut agar tidak tertukar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *