Tips dan Trik

Tips Merawat Bayi Dengan Benar

Menjadi orang tua merupakan hal yang paling membahagiakan, namun perlu pengetahuan, ketelatenan dan kesabaran dalam hal merawat bayi. Kegiatan mengurus bagi para ibu mudah menjadi kegiatan yang merepotkan dan membuat panik.

Mengurus anak apalagi yang baru lahir harus benar-benar telaten dan tidak boleh terjadi kesalahan, bisa berdampak berbahaya bagi kesehatannya. Berikut ini kita akan membahas cara perawatan bayi yang baru lahir yang penting untuk diketahui oleh para orang tua.

Merawat Tali Pusar

Saat bayi baru lahir, perlu perawatan bagian tali pusar. Daerah ini sangat sensitif terkena infeksi. Perawatan tali pusat yang belum putus lalu terkena air adalah dengan cara keringkan dengan kasa steril atau kapas. Jangan memberi ramuan apapun pada tali pusar.

Biasanya tali akan putus dalam waktu 1-2 minggu setelah kelahiran, atau bisa juga kurang dari 1 minggu atau lebih dari 2 minggu. Perlu Anda ketahui bahwa merawat tali pusar dengan alkohol sudah tidak disarankan lagi, sebaiknya cukup gunakan air matang dan biarkan tali tetap terbuka. Usahakan kondisinya selalu tetap kering dan amati tanda-tanda jika terjadi infeksi.

Merawat Kulit

Memandikan bayi sebaiknya minimal sehari satu kali. Bisa dengan cara berendam atau dilap dengan waslap basah. Merawat bayi agar kulitnya tetap halus sebaiknya gunakan sabun yang mengandung pro vitamin B5. Setelah selesai mandi oleskan kulit bayi menggunakan baby oil agar kulitnya senantiasa lembut dan halus.

Kulit bayi masih sangat sensitif dan sering muncul biang keringat. Agar terhindar dari biang keringat buat temperature kamar bayi senyaman mungkin, jangan sampai bayi kepanasan. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan adem. Jika kulit bayi mengeluarkan keringat, cara membersihkannya bisa menggunakan tissue basah non alkohol atau kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan dengan hati-hati terutama di bagian tubuh yang banyak lipatan.

Merawat Kulit Kepala

Umumnya bayi mengalami cradle crap atau kulit berkerak. Hal ini tidak berbahaya karena akan rontok dengan sendirinya. Jika ingin membersihkannya gunakan air matang menggunakan kapas. Jangan menggosoknya keras-keras, lakukan dengan halus dan lembut.

Baca Juga: Beberapa Tips Merawat Bayi Agar Tetap Sehat

Selain air, membersihkannya bisa dengan mengoleskan baby oil dibagian kulit kepala yang berkerak. Lalu diamkan 10-15 menit, pijat dengan lembut lalu bersihkan. Usahakan kulit kepala tetap kering dan sejuk, karena jika berkeringat bisa membuat kerak semakin bertambah parah.

Merawat Hidung

Hidung bagian dalam memiliki pembersih sendiri yang tidak memerlukan perawatan khusus. Apabila ada kotoran yang keluar, bersihkan bagian luarnya saja. Hindari membersihkan kotoran dengan cotton buds atau jari karena dikhawatirkan malah membuat kotoran masuk lebih dalam.

Apabila bayi mengeluarkan banyak lendir, bisa sedot dengan cara dihisap secara lembut atau menggunakan aspirator hidung. Jangan menyedot dua lubang sekaligus karena bisa berbahaya.

Itulah beberapa cara merawat bayi dengan benar, masih ada perawatan bagian tubuh lainnya yang bisa Anda baca di artikel lain masih di situs Bukalapak.com.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *