Perawatan Bayi

Tips Merawat Bayi Ketika Terserang Demam

Penyakit pada dasarnya memang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga waktu. Termasuk yang paling sering diantaranya adalah bayi, usia-usia bayi memungkinkan buah hati Anda mudah terserang penyakit, karena pada faktanya kekebalan tubuh bayi lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Berbagai jenis penyakit ringan akan mudah menjangkiti mereka. Hal tersebut bisa dihindari dengan merawat bayi secara tepat. Seperti menjaga asupan makanan yang dikonsumsi atau mempertimbangkan sandang maupun lingkungan tempat mereka tinggal.

Sebagian banyak diantara jenis penyakit yang menyerang buah hati memang berhubungan dengan kondisi iklim. Perubahan iklim yang tiba-tiba bisa menyebabkan pertumbuhan virus dan juga bakteri berlangsung lebih cepat, sehingga menjadi faktor penyebab munculnya masalah kesehatan, jenis-jenis penyakit tersebut diantaranya adalah flu, pilek hingga yang paling sering menjangkiti bayi adalah demam. Demam adalah sebuah kondisi dimana tubuh mengalami peningkatan suhu, menjadi lebih tinggi sehingga memicu perasaan yang tidak nyaman.

Jika tak segera diobati dampaknya bisa sangat fatal bagi buah hati Anda, berikut ini ada beberapa cara mudah merawat bayi yang terkena demam, diantaranya adalah:

  1. Perbanyak pemberian ASI pada buah hati, ketika suhu tubuh meningkat, maka banyak diantara buah hati yang kehilangan selera makannya, padahal sebenarnya hal ini sangat penting untuk memulihkan tubuh, sehingga ibu diperkenankan untuk terus memberikan ASI kepada mereka. ASI mengandung salah satu zat yang berfungsi sebagai penyembuhan alami bagi mereka.
  2. Kompres menggunakan air hangat, jika biasanya orang dewasa ketika terkena demam harus di kompres menggunakan air dingin, maka agak berbeda dengan bayi. Bunda lebih dianjurkan untuk mengkompresnya menggunakan air hangat, sehingga perubahan suhu tidak terlalu mendadak dan menyebabkan demam kian naik.
  3. Gunakan humidiafer, obat yang satu ini berguna untuk melegakan pernapasan mereka karena sumbatan ingus, khususnya bayi yang juga terserang pilek, bisa dengan mudah dijumpai di apotek. Dengan menggunakan alat ini maka bisa membantu mereka bernapas dengan lega, sehingga nantinya tidur kian lelap, bayi yang saling membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat.
  4. Sering-seringlah mengajak buah hati jalan-jalan di pagi hari, khususnya agar ia nantinya mendapatkan sinar matahari, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang, tak hanya itu fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Merawat bayi sakit meskipun hanya demam kenyataannya memang jauh lebih sulit dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga berikan perhatian ekstra bagi mereka, jika memang demam tersebut tak kunjung turun, maka pastikan Anda mengajaknya ke dokter, untuk dapatkan perawatan yang lebih intensif, karena takutnya demam tersebut adalah gejala mereka terserang penyakit berbahaya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *