Perlengkapan Anak

Tips Merawat Bayi Prematur Bagi Orang Tua Baru

Tentunya tidak ada ibu yang ingin anaknya lahir prematur. Sebab, bayi yang lahir dalam keadaan prematur itu biasanya membutuhkan cara merawat bayi yang ekstra, karena masalah kesehatan yang menimpanya bisa saja lebih tinggi dari bayi yang lahir dalam usia normal. Sehingga biasanya pihak rumah sakit baru boleh memperbolehkan bayi prematur dibawa pulang ketika keadaannya memang sudah bisa dibawa pulang. Lalu bagaimanakah cara perawatannya di rumah? Berikut ulasannya untuk Anda.

Tips Merawat Bayi Prematur Bagi Orang Tua Baru
Tips Merawat Bayi Prematur Bagi Orang Tua Baru

Menggunakan Metode kangguru untuk bayi prematur

Cara merawat bayi di rumah bisa dengan meneruskan metode kangguru. Metode ini biasanya sangat bermanfaat untuk menjaga suhu panas bayi, meningkatkan kesehatannya, hingga meningkatkan kemauan untuk menyusunya dan juga meningkatkan ikatan antara ibu dan anak. Biasanya, tak hanya ibu yang bisa melakukan metode kanguru ini, ayah juga bisa melakukan metode ini.

Menyusui bayi prematur

Cara merawat bayi prematur selanjutnya yaitu mengenai cara menyusuinya. Sebaiknya, bayi prematur diberikan ASI secara full karena di dalam ASI itu terkandung nutrisi dan juga antibodi penting yang diperlukan untuk melindungi bayi Anda dari infeksi. Anda tetap bisa memberikan ASI walaupun menyusui bayi prematur itu bukan pekerjaan mudah. Biasanya bayi prematur itu akan sangat kesulitan untuk menjangkau puting susu Anda, sehingga berikanlah ASI di botol khusus agar si kecil tetap bisa mendapatkan ASI. Cara tren yang banyak dilakukan sekarang adalah memompa ASI. Setidaknya Anda harus memompa ASI sebanyak 6-8 kali sehari.

Mencegah bayi dari infeksi

Biasanya sistem kekebalan bayi prematur itu lebih lemah dari sistem kekebalan bayi normal. Sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit. Untuk mencegah terjadinya penyakit, sebaiknya Anda mencuci tangan dulu sebelum memegang bayi dan minta kepada semua orang untuk melakukan hal yang sama ketika hendak memegang bayi Anda. Lalu bersihkan juga ruangan dan mainannya secara rutin, dan berikan imunisasi secukupnya untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Begitulah cara merawat bayi prematur untuk menghindarkannya dari penyakit.

Kebutuhan tidur bayi prematur

Bayi memang suka tidur. Tidur yang baik bisa meningkatkan kesehatan bayi prematur. Sehingga tak heran, jika bayi prematur biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur ketimbang bayi normal. Letakkanlah bayi Anda dalam posisi telentang ketika ia tidur, sebab hal itu dilakukan untuk mencegah risiko bayi mati mendadak. Apabila Anda merasa otot leher bayi belum cukup kuat setelah beberapa bulan kelahirannya, maka Anda bisa menempatkan bayi pada perutnya ketika ia bangun, hal ini dilakukan untuk membantu bayi bisa menopang kepalanya sendiri.

Memantau pertumbuhan dan perkembangannya

Merawat bayi dengan memantau pertumbuhan dan perkembangannya penting untuk dilakukan, dengan membawanya secara rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan demikian Anda bisa berkonsultasi kepada dokter apa yang sebaiknya dilakukan untuk membuat tumbuh kembang bayi itu bisa berjalan dengan baik dan sebaiknya apa yang harus diberikan agar bayi Anda tidak mudah sakit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *