Tips dan Trik

Tips Merawat Bayi Prematur

Bayi premature adalah istilah yang diberikan untuk bayi yang lahir sebelum Sembilan bulan di dalam kandungan. Karena lahir sebelum waktunya merawat bayi prematur diperlukan perlakukan khusus selama 2 tahun pertama, apalagi jika beratnya kurang dari 1,4kg.

Merawat bayi premature berbeda dengan bayi yang lahir normal dengan berat badan yang normal.misalnya: bayi premature biasanya boleh dibawa pulang dari rumah sakit apabila sudah bisa menerima ASI atau susu formula tanpa bantuan pipa nasogastrik. Selain itu berat badan bayi harus naik dengan stabil dan suhu tubuhnya juga stabil saat berada.

Tidak hanya itu, kebutuhan nutrisi bayi premature harus diperhatikan, biasanya bayi membutuhkan lebih banyak nutrisi agar tumbuh sehat seperti bayi lainnya. sampai mencapai usia 2 tahun, bayi premature akan tumbuh seperti bayi lainnya dengan berat badan normal.

Ada beberapa masalah medis yang biasanya dialami oleh bayi premature, seperti masalah pernapasan jadi diperlukan bantuan ventilator mekanik atau osigen, masalah apnea tidur atau jeda bernapas saat tidur. Jika masalah apnea tidur menimbulkan masalah seperti bayi jadi membiru, maka bayi harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Selain itu masalah bayi premature lainnya adalah mudah terkena infeksi, terutama yang disebabkan oleh virus.

Perawatan Kangguru

Ada beberapa cara merawat bayi premature agar pertumbuhannya cepat dan sehat, salah satunya adalah dengan perawatan kangguru. Disebut dengan perawatan kangguru karena bayi digendong dengan cara memasukkan ke dalam baju dengan menggunakan gendongan khusus seperti kangguru. Hal tersebut bertujuan agar kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu.

Baca Juga: Tips Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

Ada beberapa manfaat dari perawatan kangguru, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kehangatan tubuh bayi terjaga.
  • Membantu detak jantung dan pernapasan.
  • Membantu menenangkan bayi sehingga tidak sering menangis.
  • Bayi akan tidur dengan lebih nyenyak.
  • Memiliki kesempatan menyusui sehingga produksi ASI ibu juga semakin meningkat.
  • Membangun rasa percaya diri ibu dengan memberikan perawatan yang terbaik untuk buah hatinya.
  • Meningkatkan kesehatan bayi.

Perawatan Lainnya

Selain perawatan kangguru, pastikan bayi tidur terlentang, tidak tengkurap dan miring. Hal tersebut untuk menghindari sindrom kematian mendadak. Bayi premature biasanya akan tidur lebih sering namun durasinya singkat.Jauhkan bayi dari orang sakit agar tidak tertular virus dan dari tempat umum selama dua tahun pertama.

Lalu bagaimana dengan pemberian imunisasi? Pemberian imunisasi bisa menjadi pelindung bayi terkena penyakit serius. pada dasarnya imunisasinya sama dengan bayi yang lahir normal, perbedaannya adalah pada pemberian vaksis hepatitis B.

Yang tidak kalah penting dalam merawat bayi premature adalah jadwal makan bayi. Awalnya kebanyakan bayi disusui 8-10 kali dalam sehari. Hindari jarak menyusui dari waktu menyusui ke waktu yang berikutnya selama 4 jam, karena dikhawatirkan bayi mengalami dehidrasi. Salah satu tanda bayi cukup menyusui, ia akan kencing 6-8 kali sehari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *