Perawatan Bayi

Tips Merawat Bayi

Betapa senanganya ketika bayi yang anda tunggu 9 bulan lamanya lahir dengan sehat dan sempurna. Si kecil yang anda tunggu ini memang menggemaskan. Pasti membuat anda tidak sabar untuk segera bermain dengannnya. Tapi ingat bayi ini masih sangat rentan. Jadi tugas anda selanjutnya adalah merawat bayi anda hingga tumbuh sehat. Mungkin buat pasangan yang sudah pernah punya pengalaman mempunyai anak sebelumnya, tugas ini tidak terlalu membingungkan. Tapi buat pasangan baru tentu saja ini cukup membuat anda bingung harus seperti apa. Agar anda tidak bingung, anda harus tahu tips merawat bayi agar perkembangannya baik dan sehat.

Tips Merawat Bayi

Merawat bayi memang mutlak harus dilakukan. Bayi sejak lahir sampai usia 5 tahun memang masih sangat rentan kondisinya. Walaupun memang kondisi paling rentan ada pada tahun pertama. Perlu perhatian ektra untuk melakukannya. Kondisi ini dikarenakan memang bayi dalam kondisi masih benar – benar tergantung pada anda sebagai orang tuanya. Dalam hal merawat bayi secara umum tanpa melihat usia bayi, memang ada beberapa hal yang menjadi patokan atau yang harus dperhatikan.  Hal – hal tersebut sangat penting untuk anda perhatikan. Apalagi buat anda yang memang belum berpengalaman merawat bayi.

  • Penuhi kebutuhan nutrisi

Secara fisik dan intelektual anak anda ke depannya ditentukan oleh kondisi dan perkembangan anak anda ketika bayi. Masa dimana memang kebutuhan nutrisi sangat tinggi untuk menunjang perkembangan bayi tersebut. Dan memang seperti yang diketahui oleh banyak orang, ASI atau air susu ibu menjadi sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Bahkan kolostrum atau air susu ibu yang dikeluarkan pada saat – saat terakhir kehamilan yaitu yang berwarna kuning pucat sangat di anjurkan untuk diberikan. Karena ternyata air susu ibu yang berwarna pucat tersebut berfungsi sebagai imunisasi pertama  bagi bayi anda. Begitu pentingnya air susu ibu, sehingga ibu yang sedang hamil sangat di haruskan menjaga kesehatan dirinya. Dan banyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk kelancaran ASI pada saat dibutuhkan.

  • Menjaga kesehatan bayi

Ini penting sekali memang. Tapi bila anda bingung, cara termudah ialah ikuti program untuk bayi yang bisa konsultasikan pada dr anak atau bidan. Program yang dimaksud disini misalnya imunisasi yang memang harus dilakukan pada usia tertentu dan tujuan tertentu. Ini tentu saja diluar perawatan sehari – hari seperti rutin memandikan dan menjaga kebersihan pakaiannya.

Lakukan beberapa tips ini agar bayi anda tetap sehat. Baca selengkapnya di boxbayi.net

  • Memberikan ruang untuk bergerak

Ketika bayi anda sudah mulai bisa melakukan sesuatu. Jangan terlalu takut hingga membatasi ruang geraknya. Ada baiknya anda membiarkan bergerak bebas. Karena ini sangat baik untuk perkembangan motoriknya. Tugas anda adalah mengawasinya dari hal – hal yang membahayakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *