Tips dan Trik

Tips Merawat Gigi Bayi dengan Tepat

Keberadaan gigi susu sebetulnya begitu penting karena nantinya akan memberi tempat untuk pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga bisa membantu bayi di dalam mengunyah makanan serta membantu berbicara dengan lancar. Gigi adalah pendukung bagi proses pencernaan yakni untuk merobek, menggigit, menggiling, memotong, hingga mengunyah makanan. seperti orang dewasa, kita harus merawat gigi bayi dengan baik agar bisa mencerna makanan secara maksimal. pada gigi susu, jumlah seluruhnya berjumlah 20 buah, gigi tersebut terdiri dari 4 gigi seri depan, empat seri samping, empat gigi taring serta 8 gigi graham.

Terdapat rentang waktu saat gigi susu tumbuh. Rentang waktu ini berbeda antara satu bayi dengan bayi yang lain, bahkan ada juga bayi yang baru saja lahir telah ditumbuhi gigi susu, selanjutnya akan tanggal ketika bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya juga berbeda tiap anak. Ketika tumbuh gigi, bayi akan merasakan sensasi yang berbeda. Ada bayi yang tidak menampakkan gejala apapun, namun ada bayi yang menampakkan gejala seperti rewel. Orang tua biasanya mengaitkan pertumbuhan gigi dengan demam dan diare

Anda tidak perlu cemas ketika gigi tumbuh, karena ada beberapa cara untuk membuat bayi menjadi nyaman dalam proses tumbuh gigi ini. Anda hanya harus mengetahui jika setiap bayi memerlukan penanganan berbeda. berikut langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Gel khusus gusi. Saat tumbuh gigi, kadang kala gusi mengalami pembengkakan serta berwarna kemerahan. Anda bisa memberi gel khusus gusi. Gel ini biasanya tidak mengandung gula dan memiliki kandungan anastesi lokal yang cukup ringan untuk membuat gusi terasa nyaman, setelah tumbuh Anda tinggal merawat gigi bayi dengan baik,
  2. Camilan. Anda juga bisa memperhatikan tingkah laku bayi. apabila ia sering berusaha mengunyah mainan atau pun barang yang dipegangnya, kemungkinan besar ia mulai tumbuh gigi. Beri camilan sehat seperti irisan wortel, apel hingga roti,
  3. Teether. Teether bisa membantu bayi untuk sedikit melupakan gusi yang tidak nyaman karena sedang mengalami pertumbuhan gigi. Agar fungsi menjadi semakin maksimal, Anda bisa menyimpan teether dalam lemari es. Rasa dingin bisa membuat gusi menjadi lebih nyaman.

Untuk merawat gigi susu bayi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti bersihkan gusi sebelum ia tidur dan setelah makan sebanyak dua kali dalam sehari. Sedangkan, bila Anda ingin mengenalkan sikat gigi ketika gigi sudah mulai muncul, mulai gosokkan giginya dengan menggunakan sikat gigi khusus anak dan berserat lembut. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi menggunakan air.

Membantu dan membiasakan diri merawat gigi bayi sedini mungkin ialah hal yang penting, karena saat anak sudah mempunyai gigi tetap, ia bisa merawatnya sendiri dengan baik dan gigi akan menjadi tetap baik seumur hidup.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *