Tips dan Trik

Tips Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh Agar Tetap Sehat

Ibu mungkin akan menjumpai si kecil menjadi lebih rewel daripada biasanya, mudah menangis, mengeluarkan liur (ngeces) lebih banyak dari biasanya, suka menggigit-gigit apa yang ada di dekatnya hingga mengalami demam ringan, kemungkinan besar ia sedang mengalami pertumbuhan gigi. Dalam kondisi yang normal, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi pada usia 4-7 bulan dan gejala-gejala tumbuhnya gigi tersebut dapat berlangsung selama 1 hingga 2 bulan. Bayi yang baru mengalami gigi tumbuh, memerlukan penanganan khusus. Berikut ini adalah cara merawat gigi bayi yang sedang tumbuh:

  • Sikat gigi.

Saat gigi si kecil sudah mulai tumbuh, Anda sudah dapat merawat gigi bayi dengan sikat gigi yang tepat, yaitu sikat gigi berukuran kecil dan berbulu lembut yang dapat dimasukkan ke jari telunjuk Anda. Desain sikat gigi yang sedemikian rupa dapat memudahkan Anda untuk menyikat gigi dan gusi si kecil dengan baik. Jika belum ada sikat gigi, Anda dapat menggunakan kain kasa atau lap yang lembut untuk membersihkan gigi si kecil. Gosok gigi si kecil dengan lembut dan benar, hindari menggosok gigi dengan gerakan yang menyamping atau bolak-balik karena dapat melukai gusinya. Jangan lupa bersihkan lidahnya saat menggosok gigi.

  • Beri ia camilan.

Perhatikan tingkah laku si kecil, apabila ia sering berusaha untuk memegang dan menggigit sesuatu seperti mainan, atau apa saja yang sedang ia pegang, maka segera cegah atau hentikan si kecil karena selain dapat mengganggu pertumbuhan gigi, si kecil bisa terinfeksi dengan kuman penyakit yang ada pada benda-benda yang ia pegang. Lebih baik, beri si kecil camilan yang sehat dan bersih seperti irisan buah atau wortel untuk ia kunyah-kunyah.

Baca Juga: Inilah Tips Memandikan Bayi Baru Lahir & Perlengkapannya

  • Berikan teether.

Sensasi rasa yang tidak nyaman pada gusi yang akan dialami si kecil akan membuat giginya terasa gatal sehingga ia cenderung jadi suka menggigit-gigit sembarang benda. Selain dapat dengan memberikannya camilan yang sehat, Anda juga dapat memberikan si kecil teether. Teether bisa membuat si kecil sedikit melupakan rasa tidak nyaman pada gusi dan giginya. Untuk hasil yang lebih maksimal, simpan teether sebentar di dalam lemari es namun jangan terlalu dingin. Rasa dingin pada teether dapat menyamarkan rasa ketidaknyamanan pada gusi dan gigi si kecil.

  • Biasakan memberinya air putih setelah minum susu.

Jika si kecil sudah mulai mengonsumsi susu formula yang mungkin akan mengandung gula, maka memberinya air putih selesai ia menghabiskan susunya bisa menjadi salah satu cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh. Hal ini dikarenakan sisa-sisa gula yang tertinggal pada gigi si kecil dapat mengakibatkan timbulnya asam yang menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Dengan memberi si kecil air putih setelah minum susu dapat membuat sisa air susu dapat ikut terbilas saat si kecil minum air.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *