Tips dan Trik

Tips Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar dari Gangguan Kulit

Merawat kulit bayi yang baru lahir memang harus memerlukan kehati-hatian yang ekstra. Biasanya, kulit Si Kecil lebih sensitif terhadap wewangian, deterjen, pewarna pakaian hingga produk-produk bayi itu sendiri. Ada juga kondisi lain seperti suhu atau cuaca yang bisa memengaruhi kulitnya.

Tips Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar dari Gangguan Kulit

Masalah Kulit

Masalah pada kulit Si Kecil pun beragam, dari mulai eksim yang biasanya muncul sejak 2 hingga 6 bulan setelah kelahiran dengan ditandai ruam merah di pipi yang kering, gatal, bahkan bersisik. Penyebabnya adalah kulit yang sensitif atau kering. Selain eksim, ada juga ruam popok yang biasanya muncul di daerah yang tertutup popok. Ruam ini terjadi karena kulit bayi masih sensitif sementara harus kontak langsung dengan kotoran yang ada.

Meringankan Masalah dengan Petroleum Jelly

Untuk meringankan masalah kulit yang sering terjadi pada bayi, Anda bisa menggunakan petroleum Jelly. Ini merupakan suatu zat yang bisa membantu meringankan eksim atau pun ruam popok. Zat ini bisa menjaga kelembapan kulit pada bayi Anda dan mampu menjadi penghalang yang melindungi kulit dari kotoran penyebab iritasi kulitnya yang masih sensitif. Saat penyembuhan pun, petroleum jelly dipercaya mampu membantu proses penyembuhan luka dengan mencegah pembentukan keropeng di luka yang sudah mengering

Tips Merawat Kulit Bayi

Adapun beberapa tips dan cara yang mudah dan cepat dalam menjaga kulit Si Kecil tetap sehat, di antaranya sebagai berikut:

 

  • Mandi

 

Jika bayi Anda baru lahir, mandikan bayi dalam waktu yang tidak terlalu sering, seperti dua atau tiga kali dalam seminggu. Gunakan air yang hangat untuk mandi, bukan panas agar tidak membakar kulit yang mash sensitif pada bayi Anda.

 

  • Beri pelembap

 

Setelah mandi, segera keringkan tubuh bayi. Kemudian oleskan pelembap ke kuit tubuhnya sambil memberi pijatan lembut agar cepat merata dan meresap di kulit. Anda bisa gunakan petroleumjelly untuk membuat kulitnya bebas dari kering dan menjaganya agar tetap lembut.

 

  • Cuci pakaian baru

 

Jangan langsung memakaikan pakaian baru pada Si Kecil. Begitu pun dengan handuk. Sebab, pakaian baru akan sangat mungkin terpapar kotoran dan bahan yang tidak ramah untuk kulit bayi Anda yang sensitif. Meski terlihat bersih, sebaiknya cuci baju itu terlebih dulu.

 

  • Hindari bahan iritan

 

Pilih produk yang seusai untuk merawat kesehatan kulit anak Anda. Beberapa produk bisa jadi akan menimbulkan iritasi di kulitnya seperti parfum/ wewangian dan deterjen yang terkandung dalam produk sabun pencuci pakaian atau sabun mandi dan sampo bayi.

 

  • Hindari sinar matahari langsung

 

Jika bayi masih berumur di bawah enam bulan, hindari menjemur bayi di bawah matahari langsung dalam waktu yang cukup lama. Lakukan penjemuran sesekali dalam waktu yang singkat dan itu pun terbatas pada jam-jam saat matahari masih sehat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *