Tips dan Trik

Tips Merawat Perut Agar Kembali Rata Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan, selain bahagia dengan kehadiran Si Kecil, Anda mungkin akan sedikit terkejut dan kesal dengan kondisi perut Anda. Walaupun Si Kecil sudah lahir, perut Anda masih saja bulat dan tampak seperti sedang hamil (lagi) 6 bulan. Anda tidak usah cemas karena tubuh Anda, terutama perut, memerlukan waktu untuk kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil.

Ketika Anda melahirkan, perubahan akan membuat rahim Anda berkontraksi dan kembali ke bentuk ketika hamil. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk menormalkan kembali kondisi perut pasca melahirkan. Apa saja langkah-langkahnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Kuncinya adalah kesabaran

Anda mungkin pernah mendengar atau melihat seorang ibu yang perutnya langsung singset dan langsing tidak lama pasca melahirkan. Kasus seperti ini memang ada, tapi jarang sekali. Dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk menghilangkan tumpukan lemak di perut Anda. Bahkan, ada banyak juga ibu yang perutnya tidak pernah kembali seperti semula.

Sebetulnya Anda tidak perlu khawatir karena abdomen Anda membutuhkan waktu 9 bulan untuk merenggang dan ‘menampung’ bayi lagi. Kecepatan tubuh Anda kembali ke bentuk semula juga bergantung pada ukuran tubuh normal Anda dan berapa banyak pertambahan berat badan ketika hamil. Jadi, sangat masuk akal jika dibutuhkan waktu yang lama untuk mengecilkan perut Anda kembali pasca melahirkan. Oleh karena itu, kesabaran adalah kuncinya.

Menyusui bayi membantu menurunkan berat badan secara alami

Benar sekali, menyusui bayi dengan ASI alias breastfeeding dapat membantu melangsingkan perut Anda secara alami karena tubuh Anda akan membakar kalori tambahan yang ada di dalam tubuh untuk memproduksi ASI. Selain itu, dengan menyusui, tubuh Anda juga akan terdorong untuk melakukan kontraksi. Ini akan membantu menyusutkan rahim Anda dan akan menurunkan berat badan Anda pasca melahirkan, serta pelan-pelan akan meratakan perut Anda.

Mengatur asupan makanan

Walaupun Anda sedang berusaha melangsingkan perut pasca melahirkan, bukan berarti Anda harus mati-matian diet ketat. Justru dengan mengurangi asupan makanan, proses pengembalian bentuk tubuh Anda akan berjalan semakin lambat. Terlebih, Anda juga akan lebih mudah lelah.

Yang harus Anda lakukan sebenarnya adalah mengatur pola makan. Usahakan untuk menyeimbangkan jam makan Anda dan tidak melewatkan sarapan serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sertakan juga makanan kaya serat seperti gandum dan kacang-kacangan. Kentang atau nasi tetap harus ada dalam menu. Anda juga bisa sesekali ngemil biskuit dan kue-kue kecil. Ingat, jangan mengurangi porsi makan secara drastis karena Anda masih harus memberikan ASI kepada bayi Anda.

Olahraga dan perawatan pasca melahirkan

Ada banyak pilihan olahraga yang aman bagi ibu yang baru melahirkan, seperti gym atau pilates. Anda juga bisa pergi ke spa atau salon yang menyediakan layanan pasca melahirkan (postnatal care). Tentu tak hanya cukup sekali, dua kali saja perawatannya. Lakukan secara bertahap dan sabar. Dengan  begitu, perut Anda insya Allah akan langsing kembali seperti semula.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *