Tips dan Trik

Tips Mpasi dengan Benar

Apakah bayi Anda memasuki usia enam bulan? Apabila Anda memiliki bayi dengan usia enam bulan tentu saja sudah akan dimulai dengan memberikan makanan pendamping. Biasanya apabila bayi dengan usia enam bulan dan siap diberikan makanan pendamping akan memberikan ciri-ciri tertentu. Beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat antara lain yaitu kekuatan kepala yang bisa ditegakkan dengan stabil, mengunyah makanan, duduk dengan cara bersandar dan mulai tertarik dengan makanan yang diberikan. Dengan mengetahui mengenai ciri-cirinya ada baiknya ibu mulai diberikan makanan pendamping asi. Caranya sangat mudah hanya dilakukan dengan beberapa tips mpasi dengan benar berikut ini:

  • Pemberian secara bertahap

Dalam memberikan makanan pendamping asi untuk awalnya tentu saja dilakukan secara bertahap. Dengan memberikan makanan pendamping dengan cara bertahap tentu saja akan ada banyak keuntungan yang dirasakan. Keuntungan yang dirasakan antara lain yaitu mengenai pengenalan jumlah dan teksturnya. Pada awalnya dapat memberikan sebanyak dua hingga tiga sendok dan satu kali dalam sehari. Namun seiring dengan perkembangan zaman tak ada salahnya untuk memberikan lebih banyak.

  • Beras merah

Saat mengenalkan mengkonsumsi makanan pendamping asi alangkah baiknya apabila memberikan beras merah sebagai makanan pokoknya. Dengan mengkonsumsi beras merah tentu saja akan mendapatkan banyak nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya antara lain yaitu vitamin dan serat. Dengan demikian makanan yang dikonsumsi akan dengan mudah dicerna oleh anak-anak. Sehingga akan lebih mudah dikeluarkan karena kandungan serat didalamnya.

  • Hindari gula dan garam

Pada saat bayi Anda diberikan mpasi ada baiknya menghindari dari pemberian gula dan garam. Hal ini karena organ ginjal belum berfungsi secara sempurna. Anda bisa memberikan bahan makanan dengan rasa aslinya. Namun pada pemberian gula dan garam hendaknya diberikan pada usia satu setengah tahun. Sedangkan untuk merica dapat diberikan pada usia kurang lebih dua tahun.

  • Menghindari zat adiktif

Dalam menjalani tips mpasi disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan zat adiktif didalamnya. Hal ini karena jenis makanan yang mengandung zat adiktif sangat berbahaya. Sedikit informasi untuk Anda mengenai beberapa jenis zat adiktif antara lain yaitu pengawet, pewarna, pemanis buatan dan penyedap rasa. Apabila Anda ingin membuat makanan menjadi sedap dengan kaldunya. Tak ada salahnya untuk membuat sendiri dengan cara yang mudah. Anda bisa merebus daging dengan air dengan tujuan memberikan kaldunya.

Baca Juga : Tips menyimpan ASI yang benar

  • Perhatikan makanan penyebab alergi

Anda sebaiknya memperhatikan jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi. Beberapa jenis makanan pemicu terjadinya alergi antara lain yaitu telur, kacang, ikan, susu, gandum dan jenis seafood lainnya. Ada baiknya apabila Anda memperhatikan mengenai jenis makanan yang alergi ketika memberikan makanan pendamping. Dengan demikian tips mpasi dapat dijalani dengan cara yang benar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *