Tips dan Trik

Tips Mudah Cuci Baju Bayi dengan Aman

Sebagai orang tua baru, biasanya akan merasa kerepotan ketika harus mengurus perlengkapannya termasuk baju bayi, Banyak dari orang tua yang tidak mengetahui seperti apa cara mencuci baju dengan aman. Mencuci baju dengan benar harus dilakukan agar ia merasa nyaman ketika pakaian digunakan. Ketika membeli baju untuk bayi, Anda bisa memperhatikan label, perhatikan cara mencuci yang disarankan.

Tips Mudah Cuci Baju Bayi dengan Aman

Walaupun mencuci baju bayi menggunakan tangan bisa dilakukan, namun hal tersebut pasti memakan banyak energi dan waktu. Lebih baik pilih bahan baju yang mudah dibersihkan menggunakan mesin cuci, apalagi untuk baju yang digunakan sehari-hari.

Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika mencuci baju bayi, seperti:

  • Cermati bahan baju. Mencuci baju menggunakan mesin cuci pasti sangat membantu meringankan pekerjaan. Tetapi, cermati kembali bahan baju yang dimaksud karena ada beberapa jenis bahan baju yang tidak bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Lebih baik sebelum membeli baju, perhatikan tindakan perawatan yang dibutuhkan.
  • Perhatikan suhu air untuk mencuci baju bayi. Baju milik buah hati bisa dicuci menggunakan air hangat sampai panas di suhu 30 sampai 40 derajat celcius. Namun, bila tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan air bersuhu normal.
  • Pisahkan dengan popok kain. Ketika mencuci popok kain, pisahkan dengan baju lain. Hindari penggunaan pewangi dan detergen yang memiliki kandungan bahan kimia. Gunakan detergen khusus bayi dengan bahan lembut untuk kulitnya. Bilas popok kain minimal dua kali sehingga sisa sabun hilang.
  • Pilih detergen yang sesuai. Biasanya ada beberapa bayi yang memerlukan detergen khusus untuk mencuci pakaian yang mereka kenakan. Apalagi bayi yang mempunyai kulit sensitif. Dengan kulitnya ini, ia masih rentan terkena berbagai masalah kulit seperti eksim. Namun, bayi yang tidak memiliki masalah tersebut bisa menggunakan detergen yang digunakan seluruh anggota keluarga di rumah. Anda bisa memilih detergen cair. Dibanding dengan detergen bubuk, detergen cair ini mudah dibilas. Hal ini bisa menurunkan risiko yang menjadi penyebab iritasi pada kulit. ¬†Saat akan mengganti detergen, lakukan uji coba pada satu baju terlebih dulu agar bisa melihat bila terdapat reaksi pada kulitnya. Lebih baik hindari detergen yang memiliki bahan tambahan pelembut karena berisiko menyebabkan alergi.
  • Rendam baju. Baju bayi juga bisa terkena noda mulai dari noda muntahan, susu atau pun kotoran si kecil. Cara termudah untuk menghilangkan noda, dengan mencucinya. Tetapi, bila noda telanjur menempel, Anda bisa merendamnya dalam air. Bila perlu, gunakan cairan khusus penghilang noda yang aman untuknya.

Bayi mempunyai jenis kulit yang berbeda dengan kita. Perhatikan dengan baik baju bayi dan cara untuk membersihkannya. Sesuaikan cara pencucian dengan label pada baju serta bahan yang digunakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *