Tips dan Trik

Tips Mudah dan Aman Melakukan Pijat Bayi Sendiri

Mempunyai bayi bukan hanya sebatas memberikan asupan makanan, minuman, perlengkapan dan juga cara memandikan saja tetapi juga memberikan kenyamanan dan perlindungan kasih sayang. Banyak hal yang dapat orang tua lakukan salah satunya dengan melakukan pijat bayi sederhana yang dapat meningkatkan kualitas kasih sayang ibu kepada buah hati. Beberapa pakar telah mengatakan bahwa dilakukannya pijatan kepada buah hati secara rutin dapat menurunkan kebiasaan menangis, susah tidur, susah buang air besar, stress hormone bayi ataupun lainnya. Secara langsung hal tersebut dapat meningkatkan kontak bayi dengan ibunya lebih dekat.

Sebagai orang tua baru tentunya melakukan pijatan pertama pada buah hati merupakan salah satu kegiatan yang mengkhawatirkan. Banyak ibu yang merasa takut karena bayinya keseleo, terkilir, atau gangguan tulang lainnya. Padahal untuk pijat bagi bayi sendiri beda jauh dengan kegiatan pijat urut seperti yang banyak dilakukan. Tetapi hanya sebagai gerakan usapan ringan saja kekulit bayi, tentu saja teknik yang digunakan akan berbeda. Berikut ini beberapa cara pijat aman yang dapat dilakukan sendiri dirumah, antara lain:

  • Dada.

Anda bisa membuka telapak tangan dan meletakkan pada tengah dada bayi, selanjutnya bisa menggeser secara diagonal ke kanan atas kemudian balik kebagian tengah dada dan kanan bawah, begitu juga untuk bagian kiri. Lakukan kurang lebih 10 menit untuk membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman.

  • Paha dan betis.

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan pemijatan bayi pada bagian pada dan juga betis. Untuk pertama-tama dalam melakukan pijat bayi ini adalah Anda pegang pada kedua bagian paha bayi menggunakan kedua tangan Anda. Selanjutnya putar dari bagian dalam menuju luar sambil bergerak turun ke betis. Dan begitu lagi kembali keatas dan bisa dilakukan setelah Anda memandikan buah hati.

Baca juga beberapa tips mudah dan praktis untuk perawatan bayi agar sehat. Simak selengkapnya di alatbayi.net

  • Perut.

Banyak yang mengatakan ini merupakan pijatan I love you, hal ini karena tentu jalur atau urutan dalam pijatan membentuk huruf tersebut. Pertama urut bagian kiri bayi dari mulai iga kebawah membentuk huruf i, selanjutnya melintang dari kanan ke kiri dan kebawah membentuk huruf L. Dan terakhir pada bagian kanan bawah ke kanan atas melengkung membentuk huruf U. Dan semua gerakan dilakukan berakhir pada bagian perut.

  • Wajah.

Bisa melakukan pijatan wajah mulai dari tengah menuju ke samping kiri dan tengah menuju kebagian kanan.

Sebenarnya untuk lebih amannya orang tua bisa menyiapkan biaya untuk membawa buah hati ke tempat spa bayi yang memberikan banyak perawatan khusus bayi. Tetapi untuk dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa mengeluarkan banyak biaya Anda bisa mempraktikkan cara pijat bayi diatas. Anda bisa melihat respon apa yang diberikan oleh anak setelah Anda melakukan beberapa kali pijatan pada tubuhnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *