Perlengkapan Anak

Tips Mudah Membiasakan Bayi Tidur Siang

Seperti banyak diketahui, umumnya, bayi yang baru lahir akan menghabiskan waktunya untuk tidur. Waktu meleknya bisa jadi hanya sekitar 1 sampai 3 jam yang digunakan hanya untuk minum susu. Namun, setelah berusia 1,5 sampai 2 bulan, pola tidurnya akan lebih jelas dan Anda perlu membiasakan bayi tidur siang di mana hal itu baik dan bermanfaat untuk Si Kecil.

Manfaat Tidur Siang

Meskipun dilakukan secara singkat, hanya beberapa menit, tidur siang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan mental maupun fisik. Selain itu, tidur siang juga bisa membantu dalam menjaga tubuh agar tetap segar dan sehat secara menyeluruh. Bayi yang dibiasakan tidur siang akan lebih baik proses perkembangannya.

Tips Membiasakan Bayi Tidur Siang

Meskipun memiliki manfaat yang cukup baik untuk bayi, namun tidak semua bayi bisa dan mau untuk tidur siang. Apalagi di usia-usia tertentu. Pola tidur setiap anak pasti akan berbeda. Namun, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar tidur siang bayi bisa dibiasakan, antara lain:

  • Kenali Tanda Mengantuk. Biasanya, saat SI Kecil sedang mengantuk, akan memperlihatkan tanda-tanda seperti menguap, menggosok-gosok matanya, menjadi rewel atau menangis, bahkan jadi lebih hiperaktif. Lihat dan perhatikan jam berapa Si Kecil menampilkan hal demikian. Anda bisa memantaunya selama satu atau dua minggu. Sehingga, jika Anda sudah mengetahui rata-rata jam anak mulai mengantuk, Anda bisa dengan mudah memberlakukan pola jam tidur siang untuknya.

    1. Ajak Tidur Siang. Beberapa anak mungkin atau bayi, bisa saja tidak menampilkan tanda-tanda mengantuk pada siang hari. Meskipun begitu, tetap ajak Si Kecil tidur siang dan biasakanlah hal ini.

  • Ajari tidur sendiri. Saat Anda sudah mulai melihat tanda-tanda mengantuk pada anak Anda, segera tempatkan atau baringkan pada tempat tidur. Hal ini bisa membantu mengajari bayi tidur siang dengan sendirinya tanpa harus dininabobokan oleh Anda.

    1. Tidurkan pada jam dan tempat yang sama. Agar tidur siang anak Anda konsisten, biasakan juga untuk melatih anak dan mengajak Si Kecil tidur siang pada waktu atau jam dan tempat yang sama. Jika kisaran watu tidurnya sekitaran pukul 11 atau 12 siang, lakukan itu setiap hari. Begitu pun tempat tidur, jika awal tempat bayi tidur siang di kamarnya, maka lakukan itu berulang. Jika berbeda-beda, Si Kecil akan lebih sulit menerapkan pola kebiasaan tidur siang.

  • Meski Bepergian, Tetap Tidur Siang. Biasanya, saat sedang pergi atau jalan-jalan, akan membuat pola kebiasaan tidur siang terganggu. Sebaiknya, hal itu dihindari. Biarkan Si Kecil tetap tidur siang meski dalam perjalanan. Misalnya, biarkan anak Anda tidur siang di mobil tanpa harus membangunkannya. Jika pun akan memindahkannya ke tempat tidur, jangan sampai membuatnya terbangun.

Selain itu, hindari menidurkan bayi atau anak Anda di jam menjelang sore atau malam hari. Sebab hal tersebut akan membuat anak kesulitan tidur di malam hari dan kurang baik juga untuk kesehatan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *