Tips dan Trik

Tips Mudah Pilih Selimut Bayi yang Tepat dan Aman

Hadirnya buah hati akan memberi suasana yang cukup berbeda di rumah. bayi akan hadir sebagai sebuah anugrah yang tidak dapat tergambar dengan kata-kata. Bayi mudah menangis dan tertawa, tetapi jika tangis bayi ini tidak kunjung berhenti, Anda harus waspada. Tangisan bayi bisa dikarenakan oleh keadaan yang kurang nyaman seperti mereka kepanasan, kehausan hingga menggunakan pakaian yang kurang nyaman. Bahkan, bayi bisa menangis karena selimut bayi yang digunakan terasa gatal.

Jika membicarakan mengenai selimut, apakah Anda mengetahui jika bayi memerlukan selimut yang nyaman serta tepat guna? Nyaman ini berarti tidak membuat ia merasa gatal serta panas, sedangkan tepat guna berarti hanya dipergunakan untuk saat-saat tertentu. Kulit bayi begitu sensitif, inilah alasan mengapa Anda harus memahami dengan baik mana selimut yang baik untuk buah hati. Karena, tidak semua selimut cocok untuknya. Bayi mempunyai kriteria selimut khusus untuknya. Bila tidak diikuti dengan baik, bayi bisa langsung menangis.

Sebenarnya, apa fungsi yang dimiliki oleh selimut bayi ini? selimut memiliki fungsi membuat bayi merasakan kehangatan serta membungkusnya sehingga tulang dan otot bayi bisa tumbuh secara sempurna, ini istilah yang sama dengan dibendung. Orang Indonesia beranggapan, ketika dibendung, bayi akan merasa sangat hangat dan nyaman, selain itu selimut bisa digunakan sebagai alas ketika bayi di lantai maupun menghindarkannya dari bakteri berbahaya yang ada di sekitarnya. Selimut ini dipasarkan dalam jenis yang cukup bervariasi. Ukuran, warna, fungsi dan beratnya juga berbeda. ada berat yang ringan, berat dan sangat berat. Beberapa jenis bahkan diciptakan begitu lembut karena harus bersentuhan dengan kulitnya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Tips Memilih Selimut Bayi

Ketika memilih selimut, lebih baik Anda memperhatikan daya tahan selimut. Selimut yang sering digunakan dalam jangka panjang akan mudah dibersihkan serta dibuat dari bahan yang ramah bayi. ini adalah syarat yang harus Anda cermati. Bayi sering memegang selimut yang mereka miliki. Inilah alasannya, mengapa Anda harus memperhatikan kebersihan selimut. Bayi bisa dengan mudah memasukkan selimut dalam mulutnya, padahal kebersihan selimut tidak terjamin.

Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa jenis bahan selimut bayi, antara lain:

  • Katun. Katun merupakan jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat selimut. Katun mempunyai harga yang lebih murah dibanding dengan bahan lain. selimut dari bahan katun bisa menyerap keringat secara maksimal,
  • Serat katun. Serat katun merupakan jenis bahan kain yang sering digunakan untuk selimut. Selimut dengan bahan ini begitu lembut ketika disentuh serta lebih tahan lama. Bahan ini mudah dibersihkan dan harganya lebih ekonomis,
  • Bulu domba. Selimut yang memiliki bahan bulu domba memang tergolong ringan karena tahan pada noda dan mudah untuk dirawat. Bulu domba dibuat dari bahan polyester dan mempunyai kemampuan lekas kering.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *