Tips dan Trik

Tips Para Suami Menghadapi Suasana Hati Saat Hamil Istri Tercinta

Saat awal kehamilan dan akhir kehamilan suasana hati istri menjadi turun naik, kadang ia merasa senang, sering tersinggung, sedih bahkan marah besar. Suasana hati saat hamil umumnya sering terjadi dan masalah ini harus diketahui oleh suami. Karena tindakan suami menjadi salah satu faktor penyembuh emosi istri saat hamil.

Sudah seharusnya para suami memahami kebutuhan emosi saat istri sedang hamil. Mengapa demikian? Karena hal tersebut berhubungan erat antara ibu dengan janin yang dikandungnya. Suasana hati saat hamil akan mempengaruhi perilaku bayi saat lahir.

Menjadi Pendengar yang Baik

Suami harus pandai meningkatkan kembali mood istri. Jadilah pendamping yang menyenangkan dan pendengar yang setia. Walaupun Anda sudah lelah bekerja seharian, tidak ada salahnya menyempatkan waktu mendengarkan cerita dan keluh kesah istri saat dirumah.

Mencegah Emosi Negatif

Banyak cara yang bisa Anda coba untuk mencegah atau menurunkan emosi istri yang negatif. Misalnya: beri pemahaman kepada istri dan damping ia untuk belajar mengendalikan emosinya. Yakini dia bahwa kecemasan dan ketakutan yang dirasakan sifatnya hanya sementara dan jangan pernah merasa sendiri.

Beri dukungan istri untuk melakukan kegiatan yang ia sukai atau bersosialisasi. Melakukan hobi yang menyenangkan bisa mengurangi tingkat stress selama kehamilan, namun tetap awasi jangan sampai istri kelelahan.

Baca Juga : Peran Suami Dalam Mengatasi Baby Blues

Membantu Meringankan Pekerjaannya

Saat hamil, kondisi tubuh istri menjadi lebih mudah lelah dan cape. Ia menjadi lebih mudah tersinggung karena tubuhnya lelah jadi tidak ada salahnya membantu meringankan pekerjaan rumah. Saat hamil kewajiban istri kadang menjadi terbatas dan harus menghindari pekerjaan berat yang biasa dilakukan. Oleh karena itu suami harus dengan iklas mengerjakan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh istri. Sarankan ia untuk istirahat yang cukup, tidak begadang. Tidur tepat pada jamnya bukan hanya agar tubuh bugar namun juga berdampak pada janin dalam kandungan mengikuti siklus tidur ibu.

Memperhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Saat istri dinyatakan hamil, sudah harus mulai memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Semua makanan dan minuman harus yang bergizi dan stop makan makanan yang bisa membahayakan janin. Oleh karena itu perhatikan apa yang dikonsumsi istri. Untuk menghiburnya jika hari libur buat masakan sehat untuk istri atau bawakan oleh-oleh makanan yang disarankan untuk ibu hamil.

Sabar dan Jangan Dimasukkan ke Hati

Kunci pertama menghadapi emosi istri yang tengah hamil adalah bersabar. Tanamkan dalam hati Anda bahwa amarah dan emosi yang mucul karena faktor hormon, bukan atas dasar keinginan pribadi. Yakinlah suasana hati saat hamil akan mereda seiring waktu, sehingga Anda bisa melewatinya dengan mudah dan yang terpenting selalu damping istri saat ia merasakan perasaan yang tertekan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *