Tips dan Trik

Tips Perawatan untuk Bayi Prematur

Bayi yang lahir dengan waktu yang lebih cepat dari perkiraan waktu hamil pada umumnya, memang lebih rentan dalam perawatannya. Selain harus selalu dijaga kestabilan suhu tubuhnya, berbagai treatment khusus dalam perawatan lainnya pun harus diketahui oleh orang tua yang memang memiliki bayi yang lahir sebelum masa kelahirannya. Treatment khusus dalam perawatan bayi prematur ini, setidaknya harus dijalankan oleh para orang tua dalam kurun waktu kurang lebih selama 2 tahun pertama dari masa kelahiran bayi tersebut, terlebih lagi bagi bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 1,4 kg.

Pada umumnya pihak rumah sakit tidak akan mengijinkan secara langsung orang tua untuk membawa pulang bayi mereka yang lahir secara prematur untuk dirawat sendiri di rumah, setelah masa kelahiran. Pihak rumah sakit akan melakukan perawatan khusus terlebih dahulu, hingga kondisi bayi dapat dipastikan sudah siap untuk dirawat oleh orang tua mereka masing-masing. Secara umum bayi yang lahir secara prematur, akan diperbolehkan untuk dirawat dirumah oleh orang tua mereka, apabila mereka telah dapat menerima asupan asi tanpa bantuan alat, dan memiliki perkembangan berat badan, serta suhu tubuh yang tetap stabil ketika berada di ruangan biasa.

Jika Anda memiliki bayi yang lahir secara prematur, tentunya Anda sudah memahami berbagai hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk diterapkan pada bayi Anda. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam perawatan bayi yang lahir secara prematur, tentunya adalah pemberian nutrisi yang lebih dibanding dengan bayi yang lahir dalam keadaan normal. Pemberian nutrisi yang lebih pada bayi yang lahir prematur, diharapkan mampu mempercepat tumbuh kembang mereka, sehingga dapat menyamai dengan pertumbuhan bayi pada umumnya.

Baca Juga: Manfaat Perawatan Metode Kanguru untuk Bayi Prematur  

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam perawatan bayi prematur, bagi Anda orang tua yang memang memiliki bayi yang lahir secara prematur, yang antara lain adalah:

  • Usahakan secara maksimal untuk dapat terus menggendong bayi Anda, sehingga bayi Anda dapat merasakan suhu tubuh Anda, dan usahakan Anda dalam posisi bersentuhan antara kulit dengan bayi Anda. Dengan gendongan yang secara langsung bersentuhan inilah kedekatan dan kehangatan akan dirasakan oleh bayi Anda.
  • Pastikan bahwa ruangan yang Anda gunakan untuk merawat bayi yang lahir dengan prematur bersih dan steril, serta jauhkan bayi Anda dari orang yang memang sedang sakit dan memungkinkan untuk menularkan penyakit tersebut.
  • Lengkapilah vaksin dan imunisasi pada bayi, untuk menjaga sistem imun dalam tubuh mereka.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam perawatan bayi prematur adalah waktu pemberian ASI pada bayi tersebut. Berikanlah ASI dengan minimal waktu pemberian 8-10 kali dalam satu hari. Jangan memberikan jeda pemberian ASI lebih dari 4 jam, karena hal tersebut dapat menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi dalam tubuh bayi Anda.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *