Tips dan Trik

Tips Persiapan Bayi Sebelum Imunisasi di Posyandu

Imunisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan bayi. Maka dari itu, bayi yang belum diimunisasi pun harus segera dibawa ke posyandu ataupun puskesmas agar mendapatkan hak pelayanan imunisasinya. Akan tetapi, biasanya ada saja masalah yang biasa dihadapai para ibu saat mengajak sang anak ke pusat kesehatan. Mulai dari rewel, takut hingga tidak nyaman biasa menjadi alasan sang anak tidak bisa diajak.

Tips Persiapan Bayi Sebelum Imunisasi di Posyandu

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat akan pergi ke posyandu untuk imunisasi.

  • Usahakan imunisasi ketika bayi dan anda sedang releks

Kenali keseharian bayi untuk mendapatkan momen releksnya. Suasana hati Anda pun juga harus diperhatikan. Maka dari itu, jadwalkan kesibukan Anda dan mood bayi saat akan mengajak bayi ke pusat kesehatan.

  • Bujuk tanpa berbohong

Anak yang sudah menginjak usia 1 tahun lebih, umumnya sudah mulai menyadari apa yang akan ia alami. Menghindari ngambek, bujuk ia dengan mengatakan akan mengunjungi dokter untuk melakukan imunisasi. Berikan gambaran bahwa ia diajak untuk mengunjungi sosok yang bersahabat. Sebaiknya Anda pun tidak membohongi anak dengan mengatakan ia akan diajak jalan-jalan ke taman bermain atau pusat perbelanjaan. Buat agar ia memahami mengapa imunisasi dilakukan padanya dengan bantuan poster atau gambar yang terpajang di posyandu.

  • Bawakan mainan

Benda-benda yang mungkin bisa mengalihkan perhatiannya saat hendak ke posyandu dari rasa sakit disuntik juga perlu Anda siapkan. Misalnya mainan atau lainnya yang bisa menghiburnya seketika.

  • Kenakan pakaian nyaman

Kenakan pakaian yang cukup hangat bagi anak Anda dengan model yang sederhana saja untuk membuatnya tetap nyaman baik sebelum dan sesudah mendapat imunisasi. Hindari pakaian berlapis yang membuat buah hati merasa gerah dan ribet.

  • Pastikan bayi kenyang

Dengan kondisi perut yang kenyang, maka bayi enderung akan lebih tenang dan siap untuk diimunisasi. Apabila ia akan mendapat vaksin oral, bantu bayi untuk bersendawa agar vaksin yang ditelan tidak dikeluarkan lagi lewat gumoh ataupun muntahan.

  • Alihkan perhatian bayi dari tusukan

Ketika jarum suntik disiapkan, tatap mata bayi lalu tersenyumlah untuk mengisyaratkan bahwa segalanya sedang baik-baik saja. Tunjuk ke arah poster atau hal yang menarik untuk menghidarkan penglihatannya dari datangnya injeksi sementara dokter meminta izin kepada anak Anda.

  • Peluk jika bayi menangis

Anda pastinya sudah secara refleks untuk memeluk sang bayi ketika ia menangis kesakitan disuntik di Posyandu. Namun jika Anda tidak tega, Anda bisa meminta bantuan kepada perawat untuk melakukannya hingga bayi mulai tenang dan Anda bisa mengajaknya kembali.

  • Tak perlu tergesa meninggalkan Posyandu

Untuk menjaga kesan positif sang anak terhadap dokter dan ruangannya, tetap tinggallah sejenak walau sekedar 5 menit. Hal ini agar ia tidak ketakutan ketika hendak melakukan imunisasi lanjutan kelak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *