Tips dan Trik

Tips Pilih Mainan Bayi 4 Bulan yang Tepat

Menjadi orang tua memang bukan hal mudah untuk dilakukan, apa saja pasti disiapkan untuk si kecil. Saat berumur 4 bulan, perkembangan emosi, sosial, fisik dan komunikasi si kecil telah menunjukkan kemajuan. Bahkan berat badannya bertambah sampai 2 kali lupat dibandingkan berat badan saat lahir, panjang badannya juga bertambah 2 cm. Di dalam perkembangannya, si kecil sudah pandai bermain. Anda bisa memilih mainan bayi yang cocok. Namun, jangan sekedar langsung membeli, pilih mainan yang bisa menunjang tumbuh kembangnya.

Tips Pilih Mainan Bayi 4 Bulan yang Tepat

Tips Memilih Mainan Bayi yang Bisa Menunjang Tumbuh Kembangnya

 

  • Nyalakan musik atau berikan mainan bayi yang bisa mengeluarkan suara ketika diguncang. Hal tersebut bertujuan agar ia bereaksi pada suara.
  • Asah kemampuan berbahasanya. Anda bisa membacakan buku dan bernyanyi. Mendengarkan suara orang tua bisa membantunya untuk mengembangkan kemampuan bahasa.
  • Agar bisa merangsang pertumbuhan gigi, Anda bisa memberi si kecil mainan yang berbentuk donat dan terbuat dari silikon padat. Mainan ini dapat didinginkan di dalam lemari es agar bisa meredakan nyeri giginya yang akan tumbuh. Meskipun masuk kedalam lemari es, suhu mainan jangan terlalu dingin karena bisa melukai gusinya.
  • Agar buah hati rajin menggerakkan tangan, pilih boneka lembut yang di dalamnya diberi kapas bersih. Tetapi, pastikan boneka tidak ditempeli dengan pita, lonceng, benang, kancing atau benda apapun yang mudah dilepas. Selain itu Anda bisa memberi mainan yang terbuat dari karet yang mengeluarkan suara.

 

Perhatikan Hal Berikut Saat Memilih Mainan Untuknya

Agar tetap aman, perhatikan beberapa hal di bawah ini saat akan membeli mainan bayi:

  • Pilih mainan sesuai dengan usianya. Biasanya, di mainan tertempel stiker yang menuliskan usia yang disarankan.
  • Pilih mainan yang memiliki kualitas bagus, pastikan tidak tersemat kancing, baterai, manik-manik, benang serta benda lain yang bisa mengganggunya. Periksa pula agar tidak ada bagian yang tajam atau cat yang mengelupas.
  • Hindari memilih mainan dengan bobot berat, karena bisa membahayakannya.
  • Pastikan mainan yang Anda pilih lebih besar dibandingkan dengan mulutnya, agar ia tak tersedak. Di usia ini, si kecil gemar memasukkan benda asing dalam mulut, termasuk mainan.
  • Pilih mainan yang mudah dibersihkan menggunakan sabun dan air. Anda harus sering membersihkan mainannya agar tak terkena kuman penyakit.
  • Waspadai bahan pembuatan mainan beracun seperti merkuri, cadmium, timah dan arsenik.

Agar bisa menunjang tumbuh kembangnya secara optimal, orang tua harus mendampingi serta membimbing Si Kecil. Mainan bayi penting untuk membantunya bisa bermain dengan aman. Di usianya yang semakin bertambah, ia sudah bisa merespons serta bermain. Jadi, mulai perkenalkan si kecil pada variasi benda dan mainan di usia 4 bulan, namun jangan membiarkan ia bermain sendirian.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *