Tips dan Trik

Tips Spa Bayi Dilakukan Sendiri Di Rumah

Sekarang ini spa bayi menjadi trand dikalangan orang tua yang memiliki bayi, terutama di kota-kota besar. Banyak orang yang membawa buah hati untuk merasakan perawatan spa. Namun tidak sedikit juga orang tua yang berpikir ulang untuk membawa buah hatinya ke tempat spa.

Biaya spa bayi masih terbilang mahal dan hanya untuk kalangan tertentu. Namun, Jangan khawatir, bayi Anda masih bisa menikmati spa di rumah. Karena dilakukan di rumah, bayi merasa lebih nyaman dan tidak perlu adaptasi dengan tempat atau lingkungan baru.

Melakukan baby spa di rumah harus memperisapkan peratan dan memperhatikan beberapa hal yaitu:

Memijat Sendiri Bayi

Pertama-tama Anda harus melakukan pemijatan sendiri. Saat memijat gunakan minyak pijat khusus bayi yang aman bagi kulitnya. Bagian tubuh yang wajib mendapatkan pijatan dan manfaatnya adalah:

  • Bagian tengkuk bawah bermanfaat agar bayi kuat saat mengangkat lehernya.
  • Alis untuk kesehatan matan
  • Bagian bawah telinga agar otot rahangnya dapat berfungsi dengan baik
  • Bagian dada dan perut untuk menstimulasi sistem pencernaan dan jantung

Catatan: jangan memijat bayi dengan teknik urut, cukup dengan gerakan mengusap dengan lembut. Selain itu hindari memijat bayi sesudah ia makan atau pada waktu ia lapar.

Memandikan Bayi

Mandi juga merupakan langkah baby spa yang mudah dilakukan di rumah. Pada waktu memandikannya jangan lupa berikan usapan dan pijatan yang ringan. Menurut para ahli aktivitas mandi bisa memberikan suasana yang dirasakan sama saat di dalam rahim. Selain itu manfaatnya adalah mempertahankan sensitivitas vestibular dan mestimulus pembuluh darah.

Jangan lupa menyiapkan semua peralatan mandi yang dibutuhkan, seperti: bak/ kolam untuk bayi, air hangat, handuk, pelampung dan mainan yang aman .

Perawatan Tubuh

Setelah mandi biasanya bayi diberi perawatan menggunakan minyak telon, krim dan bedak. Saat memberikan perawatan sebaiknya lakukan dengan cara  memberikan stimulus pada tubuhnya. Caranya bisa dengan gerakan mengulang pijatan, lakukan dengan perlahan, ada intensitas tekanan namun ringan. Saat menggunakan bedak, gunakan spons. Lalu jangan langsung diberikan ke bayi, sebaiknya tepuk-tepuk dulu spons sampai debu bedaknya hilang kemudian baru usapkan bedak pada bagian tubuh dan wajahnya.

Harum Dan Sehat

Perawatan bayi tidak hanya kulitnya saja, namun bisa dengan menggunakan hair lotion untuk merawat kulit kepala dan rambutnya. Saat memberikan hair lotion bisa sambil mengusap-usap kepalanya. Wanginya bisa menstimulus indera penciuman dan berguna untuk mengendalikan emosi.

Inti dari melakukan perawatan spa bayi di rumah adalah agar orang tua bisa melakukan kegiatan skin to skin. Lakukan dengan penuh kasih sayang agar terjalin ikatan yang kuat antara ibu dan bayi. Karena manfaat spa tidak hanya untuk kesehatannya saja, namun bermanfaat untuk psikologis bayi yang merasa aman dan nyaman saat berada dengan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *