Tips dan Trik

Tips Untuk Memilih dan Menggunakan Bantal bayi Usia Di atas 2 Tahun.

Sebagian para ahli melarang penggunaan bantal untuk bayi yang berusia dibawah 2 tahun. Salah satu dampak negatif terhadap penggunaan bantal untuk bayi dibawah 2 tahun yaitu sindrom kematian mendadak yang sering terjadi pada waktu bayi sedang tidur. Tetapi anjuran untuk tidak menggunakan bantal pada bayi belum semuanya diketahui oleh para ibu. Karena  ada sebagian ibu berpendapat penggunaan bantal untuk memberikan kenyamanan bagi bayi ketika sedang tidur. Dengan adanya anjuran ini sering timbul pertanyaan dari kaum ibu, usia berapa bayi diperbolehkan memakai bantal ketika tidur? Para ahli mengatakan penggunaan bantal bisa dilakukan bertahap ketika bayi memasuki usia 2 tahun keatas dengan syarat bantal yang dipakai mempunyai kualitas bagus dan tidak membahayakan bagi bayi. Para ibu harus bijak dan cermat ketika akan memilih dan membeli bantal bagi sang buah hati karena banyak sekali bantal – bantal yang dijual di pasaran yang mengabaikan unsur kesehatan dan mempunyai kualitas yang jelek. Berikut ini tips untuk memilih dan menggunakan bantal bayi usia di atas 2 tahun.

Tips Untuk Memilih dan Menggunakan Bantal bayi Usia Di atas 2 Tahun.

  1. Pilihlah bentuk bantal yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi bayi. Karena berbagai bentuk bantal yang mengabaikan keamanan dan kesehatan bagi bayi.
  2. Bungkuslah bantal dengan menggunakan kain yang halus dan lembut untuk memberikan kenyamanan bagi bayi. Pastikan bantal dalam kondisi bersih dan kering sehingga terhindar dari kuman – kuman.
  3. Perlu diingat jauhkan bantal ketika tidak ada yang mengawasi karena ini akan sangat membahayakan bagi bayi. Banyak kejadian bayi meninggal diakibatkan posisi bantal yang menutupi tubuh sang bayi sehingga bayi mengalami sulit bernafas.
  4. Hindari aksesoris, manik – manik atau hiasan bantal yang terlalu berlebihan pada bantal karena dikhawatirkan bisa melukai tubuh bayi dan termakan oleh bayi
  5. Pilihlah bantal bayi yang lapisannya berbahan katun. Karena bahan ini sangat baik untuk menyerap keringat ketika bayi sedang tidur.
  6. Bersihkan bantal secara teratur untuk membersihkan berbagai kuman – kuman yang bisa menjadi sumber penyakit bagi bayi. Kondisi bantal harus kering dan tidak berbau supaya bayi nyaman dan pernafasannya tidak terganggu.
  7. Hindari pemakaian bantal yang robek karena robekan tersebut bisa termakan oleh bayi. Pilihlah bahan dasar bantal dari bahan dakron. Bahan ini terbuat dari serat sintetis yang sangat halus dan anti air. Bantal yang bagus terbuat dari lipatan – lipatan dakron bukan gumpalan – gumpalan dakron. Kelebihan bahan dakron ini selain perawatannya mudah juga bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci.

Dari berbagai tips di atas bisa dijadikan pegangan bagi kaum ibu ketika akan memilih dan merawat bantal bayi  tanpa mengabaikan unsur kenyamanan dan keselamatan bagi bayinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *