Tips dan Trik

Tips untuk Memperbanyak Produksi ASI

ASI atau air susu ibu memiliki kandungan penting untuk bayi agar tetap tumbuh dengan baik dan sehat. Tetapi sangat disayangkan banyak bayi yang tidak mendapatkan air susu ibu secara eksklusif selama 6 bulan. Berbagai faktor tertentu bisa menjadi alasan, namun kebanyakan karena sanga ibu sendiri sudah tidak mengeluarkan air susu lagi sebelum 6 bulan.

Tips untuk Memperbanyak Produksi ASI

Saat masa kehamilan ditambah oleh perubahan hormon payudara ibu akan mengalami perubahan sehingga siap untuk menyusui. Jumlah air susu pada ibu akan bertambah setiap harinya. Saat bayi menyusui, bayi akan merangsang saraf-saraf pada puting yang akan memicu dilepasnya dua macam hormon yaitu proklatin dan oksitosin atau biasa disebut dengan let down reflex. Hormon proxlatin berguna untuk memicu produksi air susu, sedangkan oksitosin akan membuat pelebaran pada saluran air susu dan membantu memompa air susu keluar dari kelenjarnya.

Berbagai penyebab berpengaruh terhadap produksi air susu ibu. Penting untuk Anda agar mengetahui tips untuk membantu mempertahankan produksi ASI selama mungkin, berikut ini tips untuk ibu hamil agar bersiap diri untuk mempersiapkan produksi air susu supaya tetap stabil.

Atur Waktu Menyusui

Frekuensi Anda menyusui adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi produksi ASI. Semakin sering Anda menyusui maka akan semakin banyak hormon proklatin yang dihasilkan, sehingga produksi air susu menjadi lebih banyak. Perlu dicatat bahwa hal tersebut dilakukan dengan menimbang adanya perekatan antara mulut bayi dengan puting yang benar.

Luangkan waktu untuk menyusui selama 20-30 menit di setiap 2 hingga 3 jam di setiap harinya. Seiring perkembangan bayi Anda dapat memberikan ASI tambahan sebagai snack agar nutrisi bayi lebih banyak yang masuk. Untuk itu jangan lupa untuk menyusui ketika bayi sudah mulai lapar.

Membuat Suasana Nyaman Ketika Menyusui

Saat Anda mulai untuk menyusui bayi, buatlah posisi nyaman dan rileks untuk Anda dan bayi.  Duduklah di kursi yang nyaman, sediakan minum untuk si bayi, atau bisa sambil mendengarkan musik maupun televisi, yang penting jauhkan dari peralatan telepon genggam yang bisa saja mengganggu kenyamanan saat sedang menyusui. Bernapas secara perlahan dapat membuat tubuh Anda semakin rileks saat menyusui.

Baca Juga : ASI Perah, Solusi Terbaik Bagi Para Ibu yang Bekerja

Memijat Payudara

Ketika menyusui Anda dapat sambil memijat payudara Anda secara perlahan, hal tersebut dapat membantu melancarkan keluarnya ASI lebih banyak. Lakukan mulai dari sisi luar, hati-hati jangan sampai mengganggu si kecil yang sedang menyusui.

Menjaga Kondisi Psikologis Ibu

Kondisi kebahagiaan ibu sangat berperan penting bagi produksi ASI yang keluar. Saat ibu merasa stress maka hormon stres akan diproduksi sehingga dapat mengurangi produksi air susu. Faktor dari stress sendiri bisa bermacam-macam, kebanyakan datang dari luar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *