Tips dan Trik

Tips untuk Menggunakan Bedak Bayi dengan Tepat

Bedak adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi. Tetapi berbeda dengan bedak biasanya, jenis bedak bayi ini menggunakan bahan yang khusus dan juga manfaat sendiri yang berbeda dengan berbagai macam bedak untuk dewasa pada umumnya. Bedak ini mempunyai manfaat apabila diaplikasikan pada bayi dengan benar dan tepat, tetapi akan menimbulkan masalah apabila diaplikasikan dengan tidak tepat. Oleh karena itulah sebaiknya orangtua memperhatikan dengan benar ketika akan menggunakan bedak pada bayinya.

Cara yang pertama untuk memakaikan bedak untuk bayi dengan tepat adalah dengan menjauhkan bedak tersebut dari wajah bayi. Jangan sampai bedak untuk bayi yang umumnya tabur akan mengenai bayi dan digunakan dekat dengan wajah bayi karena dapat dihirup dan menyebabkannya terkena penyakit. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan dengan baik cara memakai bedak yang baik seperti berikut ini:

  • Cara pertama adalah taburkan bedak tersebut pada telapak tangan saja dan jangan langsung untuk mengaplikasikan kepada bayi.
  • Setelah itu, ratakan bedak tersebut dan baru diaplikasikan ke badan bayi.

Pemakaian bedak bayi yang langsung diaplikasikan dan dekat dengan muka bisa terhirup oleh bayi. Kemudian apabila berlanjut terus menerus justru akan membuat bayi sakit pernafasan bahkan paru-paru karena bedak yang menumpuk di dalam organ bayi. Oleh karena itulah hindari bedak yang langsung diaplikasikan dan juga dekat dengan muka bayi. Cara kedua mengaplikasikan bedak untuk bayi yang benar adalah dengan memakaikannya ketika kulit bayi sudah kering. Pastikan sebelum memakaikan bedak tersebut pada bayi, bagian tubuh yang akan dibedaki sudah kering sempurna. Usap dengan handuk agar kering dan kemudian baru bisa dibedaki. Hal tersebut dapat mencegah kulit menjadi iritasi karena penaburan bedak pada kulit bayi yang masih basah.

Baca Juga: Tips Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Selain pada kulit yang sudah kering, cara memakai bedak untuk bayi yang tepat adalah dengan memakaikan bedak di area yang tepat. Ada juga area yang harus dihindari apabila menggunakan bedak untuk bayi seperti area berikut ini:

  • Hindari area pada bokong bayi karena dapat menyebabkan iritasi kulit tersebut. Selain itu apabila dilakukan dalam jangka panjang akan membuatnya terinfeksi saluran kemih.
  • Hindari penaburan bedak pada area yang luka terbuka karena dapat menyebabkan peradangan pada luka tersebut.

Bedak bayi sekarang ini memang masih menjadi perdebatan karena tidak ditemukan manfaat yang besar yang dapat didapatkan oleh bayi. Selain tidak terlalu bermanfaat selain dapat membuat wangi bayi sehabis mandi, pemakaian bedak untuk bayi juga kadang asal-asalan untuk orangtua sehingga malah mempunyai banyak resiko buruk yang dapat diterima bayi. Oleh karena itulah sebaiknya hindari pemakaian bedak atau lakukan pemakaian bedak untuk bayi seperti tips diatas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *