Tips dan Trik

Tips untuk Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh

Gigi adalah bagian tubuh yang paling kuat dan tidak tumbuh bersama saat lahir tetapi setelah itu yaitu ketika mengalami masa pertumbuhan terutama saat bayi. Gigi tersebut biasanya tumbuh ketika dibawah 1 tahun tetapi tentu saja hal tersebut tidak bersifat general karena ada juga bayi yang baru tumbuh gigi diatas usia tersebut. Bagi gigi bayi yang telah tumbuh, tentu saja orangtua harus merawat gigi bayi tersebut agar tetap bersih dan juga kuat.

Walaupun sebelum tumbuh gigi, perawatan pada mulut bayi adalah hal yang harus dilakukan oleh orangtua. Misalnya beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dalam mulut bayi adalah:

  • Merawat dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu apakah anak Anda cukup mendapatkan fluor.
  • Membersihkan mulut bayi dengan kasa yang steril sehingga bisa untuk melembabkan di dalamnya.
  • Gunakan air matang untuk membersihkan mulutnya dan lakukan dua kali sehari yaitu ketika pagi dan sore.
  • Beri air putih di mulut bayi untuk membilas susu yang sudah di konsumsinya.

Gigi bayi biasanya akan tumbuh ketika mencapai usia 7 hingga 1 tahun. Dimana ketika gigi pertamanya tumbuh biasanya bayi akan mengalami susah makan dan juga sakit. Sehingga orangtua harus selalu mengecek kondisi bayinya saat masa pertumbuhan gigi tersebut. Apabila gigi tersebut mulai tumbuh sebaiknya lakukan merawat gigi bayi tersebut dengan menggunakan kain yang lembab. Adapun caranya adalah dengan membersihkan permukaan gigi tersebut. Selain permukaannya, bersihkan juga batas gigi dan gusi sehingga akan tetap bersih dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulutnya sehingga akan mengganggu pertumbuhan gigi. Sedangkan ketika gigi graham bayi tersebut tumbuh, sebaiknya sikat giginya dengan permukaan yang lembut dan juga dari bahan nilon.

Untuk penggunaan pasta gigi dan sikat gigi pada anak sendiri sebaiknya tunggu hingga ia berusia 2 tahun. Bersihkan gigi anak minimal 2 kali sehari dan gunakan pasta gigi khusus untuk gigi bayi. Hal tersebut dapat untuk membuang kotoran yang menempel di gigi bayi. Aturan untuk menggunakan pasta gigi dan sikat gigi untuk anak sendiri adalah sebagai berikut:

  • Mengajari anak cara menyikat gigi yang benar.
  • Mengganti sikat gigi anak apabila rusak dalam jangka waktu 3 hingga 6 bulanan.
  • Simpan sikat gigi dalam kondisi kering.

Merawat gigi bayi ini harus diperhatikan oleh orangtua dengan benar agar nantinya tidak timbul masalah gigi pada anak. Selain dengan perawatan yang benar, sebaiknya gigi anak juga perlu untuk di periksakan ke dokter gigi terutama ketika ia berusia 1 tahun dan mulai tumbuh gigi. Dimana untuk selanjutnya ada pemeriksaan rutin selama 6 bulan sekali agar menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan gigi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *