Tips dan Trik

Untuk Bantu Bayi Belajar Jalan, Anda Bisa Gunakan Baby Walker Berikut Ini!

Saat anak beranjak tumbuh dan mendekati usia 1 tahun, anak akan mulai untuk bergerak lincah bahkan bayi belajar berdiri dan berjalan dengan perlahan dan menggunakan benda kokoh misalnya kursi sebagai tumpuannya. Tidak jarang jika banyak orang tua yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan baby walker. Perlengkapan bayi yang beberapa orang menyebutnya sebagai apolo ini bisa dibeli di toko perlengkapan bayi dengan harga yang bervariasi, tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Untuk Bantu Bayi Belajar Jalan, Anda Bisa Gunakan Baby Walker Berikut Ini!

Penggunaan alat bantu jalan untuk anak ini tidak direkomendasikan jika hanya dipergunakan untuk anak saat Anda sedang sibuk misalnya memasak dan tanpa dilakukan pengawasan yang baik. Hal tersebut disebabkan karena sudah banyak kasus bayi cidera bahkan meninggal karena penggunaan alat bantu jalan untuk bayi ini. Sebagian besar cidera berada di bagian leher dan kepala yang diantaranya disebabkan karena anak tersebut jatuh dan tertimpa peralatan tersebut.

Ada 2 jenis baby walker yang bisa Anda temukan di pasaran untuk membantu bayi belajar berjalan. Pertama adalah jenis sit-in. Jenis ini adalah yang paling banyak dijual dan digunakan. Bayi akan didudukkan di tempat dudukan yang ada di tengah perlengkapan bayi untuk berjalan tersebut dan ada roda di bagian bawahnya yang memungkinkan bayi untuk bisa bergerak dengan sesuka hatinya.

Akan tetapi, walaupun banyak yang menggunakan, tidak sedikit yang tidak menganjurkannya karena tidak benar-benar mampu untuk melatih kemampuan dari otot kaki bayi dan punggungnya sehingga menyebabkan bayi menjadi malas untuk berjalan sendiri. Karena hal tersebut penggunaan baby walker dianjurkan saat anak sudah siap untuk belajar berjalan agar tidak mencelakakan anak. Jika terlalu lama, bayi Anda juga bisa ketergantungan dengan perlengkapan bayi tersebut sehingga tidak ingin bergerak jika tidak menggunakan alat untuk membantu bayi berjalan tersebut. Resiko lainnya dari jenis perlengkapan bayi ini adalah bayi bisa meluncur dengan cepat dan menubruk bahkan terjungkal sehingga bayi terjatuh dan bisa jadi bayi tertimpa benda lain misalnya vas yang di tabrak.

Kedua adalah jenis push. Dibandingkan dengan jenis sit-in, jenis alat bantu jalan untuk bayi ini lebih disarankan. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan alat ini, bayi belajar berjalan sendiri dengan lebih mandiri sehingga otot yang ada di bagian kaki dan punggung bisa terlatih dengan baik serta keseimbangan anak juga bisa dilatih. Hal yang harus Anda ingat adalah, jenis perlengkapan bayi ini disarankan untuk bayi yang sudah bisa merangkak atau berdiri sendiri walaupun belum sempurna. Bayi akan berjalan secara perlahan dan mendorong jenis peralatan bayi ini namun Anda tetap harus memberikan pengawasan sehingga bayi tidak terlalu kencang mendorong yang bisa menyebabkan bayi cidera.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *