Perawatan Bayi

Vaksin Anak Mencegah Penyakit Hepatitis B

Pemberian vaksin anak dapat melindungi anak dari serangan penyakit berbahaya, salah satunya adalah infeksi virus hepatitis B. Imunisasi hepatitis dilakukan 3-4 dosis sesuai dengan jadwal imunisasi. Jika pemberian imunisasi ini lengkap, maka sekitar 95% dapat melindungi anak dari serangan virus hepatitis B.

Jika ibu mengidap penyakit hepatitis B, disarankan pemberian vaksin anak dilakukan maksimal 24 jam setelah dilahirkan, lalu pemberian selanjutnya disesuaikan dengan jadwal. Untuk ibu yang menderita hepatitis A tetap disarankan memberikan ASI karena ASI bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Agar lebih paham mengapa vaksin hepatitis harus diberikan kepada anak, sebaiknya ketahui dulu pengertian, gejala dan bahaya hepatitis B pada anak.

Hepatitis B Pada Anak

Hepatitis memiliki arti peradangan hati. Sedangkan hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan infeksi hati akibat virus hepatitis B. Infeksi tersebut bisa menyebabkan kanker hati.

Penyebaran paling umum terjadi adalah penyebaran dari ibu ke anak. Jika anak terkena penyakit ini kemungkinan menjadi kronis bisa mencapai 90-95% dan tidak bisa dilakukan pencegahan. Resiko turun seiring bertambahnya usia menjadi 5%.

Gejala Hepatitis B Pada Anak

Penderita penyakit hepatitis bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu hepatitis B akut dan kronis. Penderita hepatitis B akut bisa sembuh dengan sendirinya. Bahkan ia tidak akan terinveksi lagi atau menularkan penyakitnya ke orang lain. Sedangkan pada penderita hepatitis B kronis yaitu jika infeksi terjadi lebih dari 6 bulan. Infeksi kronis umumnya terjadi pada anak usia 0-1 tahun yang bisa menyebabkan hati tidak berfungsi dan saat ia dewasa bisa mengakibatkan kanker hati.

Namun banyak penderita hepatitis B dewasa yang tidak menyadari sudah terinveksi virus. Gejalanya kadang datang dan pergi, seperti; nyeri persendian, mual, muntah-muntah, nafsu makan menurun, cepat lelah, mudah tersinggung sampai mengalami depresi. Untuk mengetahui dengan pasti bisa dengan cara test darah.

Penyebab Hepatitis B Pada Anak

penyebab penyakit hepatitis B pada anak disebabkan karena penularan perinatal atau transmisi vertikal, yaitu disebaban karena penularan maternal neonatal dimana penularan terjadi saat di dalam kandungan, saat persalinan dan pasca persalinan. Saat kehamilan ibu sudah di trimester tiga maka resiko penularan pada janin di dalam perutnya juga lebih besar. Biasanya bayi yang terinveksi akan tumbuh normal dan tidak memperlihatkan gejala.

Pencegahan Hepatitis B

Dengan imunisasi hepatitis maka bayi akan terlindungi dari penularan dan serangan virus. Selain itu pencegahan bisa dilakukan saat ibu hamil sampai waktu melahirkan. Jika resiko anak terkena hepatitis tinggi maka sebaiknya lakukan vaksin anak langsung setelah dilahirkan. Jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan darah jika ditemukan ada keluarga yang menderita hepatitis B.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *