Seputar Ibu Menyusui

Vitamin Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat

Ibu menyusui biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin agar bayi sehat dan gemuk. Ada beberapa vitamin yang diwajibkan untuk Ibu menyusui. Akan tetapi dalam mengonsumsinya harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar tidak membahayakan Ibu maupun bayi. Bayi yang yang masih menyusu tentunya masih sangat sensitif dengan apa yang dimakan oleh Ibunya. Pemilihan vitamin untuk Ibu menyusui harus tepat karena akan berdampak langsung pada bayi. Sebagai Ibu yang ingin buah hatinya tumbuh optimal pastinya akan memilih vitamin yang aman untuk perkembangan bayinya.

Adapun beberapa vitamin untuk Ibu menyusui agar bayi sehat dan gemuk antara lain :

  • Vitamin A

Vitamin A sangat berdampak pada penglihatan. Nah..agar penglihatan bayi lebih optimal, sebaiknya ini dimulai dari Ibu menyusui yang harus rajin mengonsumsi Vitamin A. Kandungan vitamin A biasanya terdapat pada sayur dan buah, seperti kangkung, bayam, wortel, pepaya dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah. Ibu menyusui yang peduli dengan tumbuh kembang si buah hati akan selalu memprioritaskan perkembangannya dengan mengonsumsi vitamin yang penting untuk Ibu dan buah hati.

  • Vitamin C

Ibu menyusui harus selalu sehat karena akan berdampak terhadap daya tahan tubuh.  Agar tubuh tidak gampang sakit, Ibu menyusui perlu minum vitamin C yang tak hanya menjaga daya tahan tubuh tetapi juga akan membuat tubuh senantiasa segar sepanjang hari. Vitamin C banyak terkandung pada jeruk. Ibu menyusui yang mudah terserang flu ataupun demam,biasanya karena jarang mengonsumsi vitamin C.  Ini juga akan berdampak pada bayi yang masih menyusu. Untuk itu, Vitamin C sangatlah penting untuk dikonsumsi agar bayi lebih sehat.

  • Vitamin B6

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Ibu menyusui memerlukan tambahan vitamin B6. Vitamin B6 sangatlah mudah untuk didapatkan. Ini bisa ditemukan pada beberapa buah seperti pisang, tomat, kacang-kacangan, ikan tuna dan brokoli.  Vitamin B6 tak hanya baik untuk Ibu menyusui tetapi juga dapat membuat bayi lebih sehat dan berisi. Bayi yang gemuk memang belum tentu sehat, tetapi kandungan yang ada pada vitamin B dapat membuat tubuh bayi lebih berisi dan terlihat sehat

Baca Juga: Menu MPASI Sehat dan Bergizi

  • Vitamin D

Vitamin D memang sangat baik untuk semua kalangan, terlebih untuk Ibu menyusui. Beberapa Ibu menyusui biasanya bisa didapatlan dari berjemur pada bagi hari sambil menyusui buah hati. Matahari pagi hari mengandung vitamin D yang baik untuk siapapun. Selain itu, kandungan vitamin C juga terdapat pada jamur, tahu, ikan tuna, minyak hati ikan kod dan masih banyak lagi. Selama menyusui harus mengonsumsi banyak vitamin untuk kebaikan Ibu dan bayinya agar lebih optimal.

  • Vitamin E

Kehalusan kulit memang penting bagi setiap wanita, khususnya bagi para Ibu menyusui yang ingin menjaga kelenturan dan kesehatan kulitnya. Dalam hal ini, vitamin E memiliki kandungan khusus untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit agar tetap sehat. Vitamin E juga banyak ditemukan pada kacang hijau, almond, paprika merah, kecambah, brokoli dan masih banyak lagi. Bagi para Ibu menyusui yang ingin memiliki bayi yang mulus, disarankan untuk menyediakan vitamin E untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *