Home Perlengkapan Anak Wajib Tahu! Jenis-Jenis Ayunan Bayi Rotan Untuk Memanjakan Si Kecil

Wajib Tahu! Jenis-Jenis Ayunan Bayi Rotan Untuk Memanjakan Si Kecil

by Caswitin
ayunan bayi rotan

Ayunan bayi menjadi salah satu kebutuhan tambahan untuk si buah hati karena dapat dimanfaatkan sebagai alat penenang ketika hendak tidur atau pun saat tidur. Termasuk di dalamnya ayunan bayi rotan yang terkenal sebagai ayunan berbahan rotan dengan harga terjangkau serta memiliki beberapa jenis. Dan mengayunkan si buah dengan ayunan rotan secara perlahan menjadi salah satu bentuk stimulasi dalam mengasuh si buah hati. Bahkan, bermanfaat pula untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Bukan hanya itu saja, mengayunkan bayi dengan ayunan bayi dari rotan juga dapat mencegah shaken baby syndrome. Apa itu shaken baby syndrome.

Apa Itu Shaken Baby Syndrome?
Keadaan di mana munculnya suatu trauma pada anak yang diakibatkan oleh guncangan kuat pada kepala mereka juga disebut sebagai shaken baby sundrome. Anda juga perlu tahu bahwa bayi yang memiliki usia masih di bawah 2 tahun ini memiliki risiko yang lebih besar terserang sindrom yang satu ini dibandingkan dengan bayi umur di atas 2 tahun. Kejadian seperti, orang tua yang mengguncangkan tubuhnya terlalu keras atau mengayunkan tubuh si bayi dengan keras menjadi salah satu penyebabnya. Oleh sebab itu, Anda harus mencegahnya yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengajak si bayi bermain di ayunan rotan dan mengayunkannya perlahan. Maka dari itu, Anda juga perlu tahu jenis-jenis ayunan bayi rotan yang disebutkan di bawah ini.

Jenis-Jenis Ayunan Bayi Rotan

1. Jenis Perahu

ayunan bayi rotan

ayunan bayi rotan

Sesuai dengan namanya, ayunan jenis rotan memiliki bentuk yang mirip perahu dengan bagian kaki memiliki bentuk seperti kursi goyang. Maka dari itu, sistem ayunan yang dihasilkan dari ayunan rotan satu ini berasal dari kaki ayunan yang berbentuk menyerupai kursi goyang tersebut hingga memunculkan gerakan-gerakan lembut yang dapat mencegah shaken baby syndrome. Nah, suasana yang dirasakan bayi juga semakin nyaman jika berada di ayunan rotan perahu ini sebab dilengkapi dengan kasur yang empuk dan juga selimut lembut sesuai kebutuhan si bayi.

Baca Juga:   Ternyata Membuat Shampo Lidah Buaya itu Mudah, Kamu Juga Bisa Membuatnya

2. Jenis Ayunan Samping

ayunan bayi rotan

ayunan bayi rotan

Jenis ayunan bayi rotan selanjutnya adalah ayunan samping yang memiliki bentuk khas sebab sangat klasik disertai rotan asli sebagai bahan utama dari ayunan ini. Umumnya, ketika Anda membeli ayunan ini maka sudah dilengkapi dengan kasur sekaligus sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari kasur untuk si buah hati. Tenang saja, jika Anda memilih menggunakan ayunan samping ini, maka Anda tidak perlu khawatir untuk goncangan keras yang dihasilkan. Hal tersebut tidak akan terjadi sebab ayunan yang memiliki sistem ayun samping kanan kiri ini memiliki posisi titik ayun yang pendek.

3. Jenis Rotan Sintetis

Ulasan 3 Model Ayunan Bayi Rotan untuk Mencegah Shaken Baby ...

Meskipun tidak terbuat dari rotan asli, ayunan ini juga memiliki bentuk dan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan ayunan bayi rotan berbahan dasar rotan asli. Nah, jika Anda mencari ayunan bayi rotan murah, maka jenis sintetis menjadi jawabannya. Karena harganya relative terjangkau dibandingkan dengan ayunan lain berbahan dasar rotan asli. Namun, ada harga ada rupa. Keawetan yang disediakan oleh ayunan rotan sintetis ini tidak seawet ayunan rotan asli. Dan ketika pembeliannya pun Anda harus menyesuaikan dengan kondisi si buah hati. Apakah cocok atau tidak, dan menimbulkan alergi berupa ruam pada si bayi atau tidak. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat reaksi si bayi ketika mencobanya. Dan untuk berjaga-jaga, berikan kasur atau pelapis lainnya jika Anda sudah terlanjur untuk membelinya.

Demikian pembahasan berkaitan dengan jenis-jenis ayunan bayi rotan yang dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah shaken baby syndrome. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More