Tips dan Trik

Waspada Pilih Bedak Bayi untuk Kulit Sensitif Si Kecil

Momen kelahiran si kecil tentu menjadi momen yang akan sangat dinantikan. Sebelum si kecil lahir, jangan lupa juga untuk bisa menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkannya. Dengan begitu, ketika dirinya lahir, maka semua persiapan sudah disiapkan. Perlengkapan bayi yang dibutuhkan tentu amat banyak mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, perlengkapan makan sampai perlengkapan untuk menjaga kulitnya mulai dari bedak bayi dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui jika kulit bayi masih amat sensitif sehingga pastinya berbeda dengan kulit yang dimiliki oleh orang dewasa. Tentu Anda berharap jika semua produk bayi bisa memberikan hasil yang baik, namun patut diwaspadai juga jika ada kandungan deterjen, pengawet hingga pewangi yang bisa menyebabkan iritasi di kulit beberapa anak. Meski begitu, sebetulnya masalah kulit bayi tidak tergolong berbahaya, diantaranya

  • Ruam popok – Ruam popok ini biasa disebabkan iritasi, infeksi bakteri sampai jamur hingga alergi sehingga kulit bayi jadi merah dan perih. Untuk meminimalisirnya, jika popok pada bayi sudah dirasa basah, maka segera ganti.
  • Biang keringat – Kondisi biang keringat kerap terjadi lantaran suhu panas sampai udara lembab. Anda bisa menanganinya dengan mengaplikasikan bedak bayi khusus obati biang keringat.
  • Eksim – Seperti halnya kondisi kulit lainnya, eksim ini juga menimbulkan gatal dan ruam. Kebanyakan kondisi eksim pada bayi adalah karena ada riwayat keluarga yang menderita eksim atau bisa juga karena asap rokok.

Meski memang bukan penyakit serius, namun tentunya hal ini akan mengganggu si kecil sehingga dirinya akan menangis dan rewel. Untuk itu pastikan ketahui cara kulit sensitif pada si kecil dengan beberapa cara berikut ini:

Baca Juga: Saat-saat Tepat Memberikan Bedak Bayi untuk Putra-putri Anda

  • Mandikan bayi teratur. Untuk memandikannya pun tidak perlu tiap hari karena Anda bisa memandikannya 2 hingga 3 kali saja per minggunya menggunakan air hangat suam kuku.
  • Bagian bokong bayi harus selalu dijaga kebersihannya dan jika memang popok sudah penuh dan basah segeralah ganti. Pastikan juga untuk selalu memilih popok yang bebas pewangi serta juga berukuran pas agar tidak menjadikan gesekan hingga terluka di kulit bokong bayi.
  • Produk bebas paraben dan pewangi sangat disarankan untuk si kecil sehingga orang tua juga wajib tahu cara pembacaan komposisi tiap jenis produk yang beredar di pasaran demi keamanan kulitnya.

Pemakaian bedak bayi tentu saja diperbolehkan, namun ada baiknya jika Anda mengetahui benar komposisi yang ada di bedak tersebut. Selain itu ada baiknya membubuhkan bedak untuk bayi ketika kondisi kulit bayi sudah kering. Jika setelah mandi, keringkan tubuh bayi dengan handuk lebih dulu dan baru bubuhkan bedak sehingga bedaknya tidak menggumpal di beberapa bagian kulit karena basah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *