Tips dan Trik

Waspadai 5 Hal Pemicu Lahir Bayi Prematur

Dalam kondisi normal maka kehamilan memasuki usia 37 hingga 40 minggu nantinya buah hati akan lahir ke dunia. Namun kenyataannya tak semua wanita hamil mengalami hal yang sama. Banyak diantaranya yang memiliki bayi prematur, yaitu kelahiran buah hati sebelum memasuki jangka waktunya. Lalu, apakah hal ini sebenarnya aman atau tidak?. Dalam beberapa kondisi kenyataannya kelahiran prematur ini memang lebih disarankan oleh dokter karena mempertimbangkan kesehatan.

Namun ada juga yang sebaliknya, kelahiran prematur sebenarnya tak baik bagi anak atau buah hati yang dikandung. Karena sebenarnya tubuh mereka belum cukup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jadi kebanyakan diantara bayi yang lahir secara prematur ini memang akan mendapatkan masa penyesuaian yang sangat lama di dalam incubator. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu bayi prematur ini, diantaranya adalah:

Baca Juga: Gangguan Tumbuh Kembang Bayi Prematur

  1. Kondisi kesehatan ibu hamil yang menurun, ketika tubuh sering sakit atau juga kandungan yang lemah, maka bisa menjadi pemicu buah hati akan lair secara prematur atau sebelum waktunya. Untuk itu ada baiknya selalu mencukupi nilai gizi dan perhatikan kegiatan atau aktivitas Anda, sehingga buah hati bisa tumbuh dan lahir secara normal.
  2. Kebiasaan dalam merokok, bahkan bukan hanya orang yang tengah mengandung saja, melainkan mereka yang normal akan mengalami masalah sama ketika sering merokok. Kondisi organ tubuh dalam menjadi tidak bisa berfungsi optimal, termasuk diantaranya juga rahim, karena banyaknya kandungan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh Anda.
  3. Riwayat kehamilan yang buruk, seperti diantaranya adalah sering kali mengalami keguguran ketika tengah mengandung. Jangan sepelekan hal ini, ia adalah sebuah gejala bahwa kondisi rahim Anda tidak baik atau lemah, sehingga menyebabkan buah hati juga tak bisa tumbuh secara optimal atau bertahan lama di dalam rahim.
  4. Psikologi, wanita hamil memang tak diperbolehkan untuk dibebani dengan masalah, khususnya yang berhubungan dengan psikologis, hal ini menyebabkan kesehatan menjadi menurun, bayi juga bisa lahir sebelum waktunya, bahkan dalam kondisi kekurangan cairan ketuban.
  5. Usia yang masih muda sudah mengandung, inilah salah satu alasan mengapa pemerintah Indonesia memang hanya melegalkan pernikahan di atas usia 17 tahun saja, karena usia juga turut mempengaruhi kesehatan buah hati dalam kandungan. Semakin muda usia mereka ketika mengandung maka bisa menjadi pemicu kelahiran prematur, jadi harus hati-hati.
  6. Memiliki PMS atau penyakit menular seksual, maka bayi dalam rahim tak akan mampu ditampung lebih lama lagi.

Banyak hal yang patut untuk Anda waspadai, karena umumnya bayi prematur ini memiliki kondisi fisik yang tak sekuat bayi lahir normal pada umumnya, bahkan hingga dewasa juga mudah terserang penyakit.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *