Perawatan Bayi

Waspadai Penyebab dan Penularan Penyakit Campak Pada Anak Berikut Ini!  

Anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang masih sangat rentan sehingga lebih mudah terserang penyakit dibandingkan orang dewasa. Penyakit yang sering diderita anak-anak salah satunya adalah campak. Campak atau dikenal sebagai penyakit reboula adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala utamanya adalah timbul panas pada badan anak kemudian timbul ruam yang menyebar kemerahan pada kulit. Penyakit campak disebabkan oleh virus yang sebenarnya kini sudah bisa diatasi dengan adanya imunisasi campak. Meski begitu masih ada saja anak yang terkena campak akibat kurang meratanya pemberian imunisasi terutama di pedesaan dan wilayah terpencil.

 

Campak mudah ditularkan melalui udara dari percikan liur dan bersin saat penderita campak tidak mulut atau hidungnya. Meski gejala yang paling banyak ditemukan adalah timbulnya ruam namun hal tersebut tidak menjadi satu-satunya tanda. Pengecekan laboratorium diperlukan untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan. Ada 3 stadium pada penyakit ini yaitu:

 

Stadium awal.

Berlangsung antara 9 hingga 10 hari dimana suhu tubuh akan naik kemudian turun ke suhu normal. Berlangsung cukup lama namun tidak terlalu terlihat. Setelah gejala ini penderita bisa menularkan campak pada orang di sekitarnya.

 

Stadium prodromal.

Terjadi antara 3 hingga 5 hari dengan tanda panas ringan hingga sedang, bersin atau pilek sedang, batuk hingga timbul ruam kemerahan pada pipi.

 

Stadium akhir.

Ruam semakin melebar ke berbagai bagian kulit khususnya wajah dan badan. Pada fase akhir, ruam akan menghitam kemudian hilang dengan sendirinya.

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa penyakit campak bisa dihindari dengan memberikan imunisasi campak pada bayi atau anak-anak. Pada orang dewasa yang belum pernah di imunisasi campak dan terkena penyakit ini, setelah ia sembuh, tubuh akan membentuk antibodi sehingga tidak terkena untuk kedua kalinya. Yang membuat penyakit ini lebih berbahaya adalah adanya komplikasi yang kerap terjadi yaitu:

 

  • Radang tenggorokan.
  • Nyeri otot.
  • Peka terhadap cahaya.
  • Flu berkepanjangan.

 

Jika Anda atau orang di sekitar Anda menderita penyakit ini, segera istirahatkan agar meningkatkan kekebalan tubuhnya. Beri obat penurun panas dan bawa ke dokter untuk diperiksa. Minumlah air putih delapan gelas sehari serta konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu jangan lupa selalu membawa sapu tangan atau masker agar ketika batuk atau bersin tidak menulari orang lain di sekitarnya.

 

Waspadai lingkungan yang kotor karena kerap membawa bibit penyakit salah satunya adalah penyakit campak. Terus tingkatkan ketahanan tubuh dengan konsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu untuk orang dewasa, berolah raga secara teratur juga bisa menangkal penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau virus. Catat tanggal imunisasi agar bayi Anda terhindar dari penyakit ini dan penyakit lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *